SEIRING perkembangan jaman, media sosial banyak menuntut orang untuk menjadi kreatif. Selain menjadi kreatif, seseorang juga diharuskan untuk menampilkan sisi kepribadian diri sendiri. Hal itu dapat ditunjukan, salah satunya melalui sebuah caption.

Karena hal inilah ide dimunculkan oleh penulis Zarry Hendrik untuk memulai bisnisnya yang kini tengah jadi perbincangan.

Ia menawarkan jasa kepada pengguna media sosial yang memerlukan serangkaian kata-kata baik untuk caption,surat, naskah, dan jenis pesan lainnya.

Berawal dari ketidaksengajaan, akun twitter @zarryhendrik menjadi viral karena jasa rangkai kata yang ia tawarkan kepada pengikutnya.

“Awalnya memang ini berangkat dari ketidaksengajaan, awalnya saya mulai bisnis ini kalau saya diposisikan sebagai orang gamau juga kayanya beli caption,ngapain sih. Tapi ternyata ini kebutuhan yang ada pada zaman ini,” ujar Zarry Hendrik saat hadir di kantor Okezone,  Gedung Inews, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, yang menjadikan bisnis ini viral karena ia mengerjakan sebuah caption untuk kebutuhan personal. Dan dengan adanya sosial media, akun-akun pribadi pun menjadi brand untuk diri sendiri. Namun ia menunjukan perbedaanya, jika sebuah perusahaan menjual sebuah produk, berbeda dengan akun pribadi yang menjual kepribadian.

Bisnis unik yang didirikan oleh Zarry ini masih terbilang baru. Ia memulai bisnisnya sekitar bulan Desember 2018.

“ZH sendiri baru dimulai dari Desember 2018, itu bener-bener dimulai pekerjaannya tapi kalo official itu mulainya sekitar Februari 2019,” ujar pria yang dikenal sebagai selebtwit itu.

 Selebtwiit

Zarry pun mengungkapkan, inspirasi yang datang dalam proses merangkai kata itu datang dari kliennya sendiri.

“Inspirasi sebenernya datang dari pemesanan itu sendiri, misalnya kalo kita pesan rangkaian kata baik itu caption atau message, surat, naskah, dll kita ngasih format ke pemesan. Dalam format itu ada kolom yang paling penting namanya deskripsi pemesanan. Jadi pemesan harus memberikan panduan ingin kita merangkai seperti apa, alasan dia mengorder caption, harapannya setelah caption ini tayang dari itulah inpirasinya,” terang Zarry.

Dalam sehari, Zarry bisa mendapatkan pesanan sekitar 10 sampai 25 pemesan dan dengan paket yang berbeda-beda. Ia juga mengungkapkan tidak ada batasan kata dalam orderan, karena ia dan timnya sudah memiliki format tersendiri.

Menurut Zarry, besarnya nominal harga yang ia terima tergantung dari seberapa cepat deadline yang diberikan dan siapa yang memesan.

“Harganya itu tidak tergantung oleh banyaknya kata, semuanya itu sama selembar. Yang mempengaruhi perbedaan harga itu lebih ke waktu pengerjaan sama siapa yang order. Anda order atau Fadli Zon order , ya mahalan Fadli Zon,” tutup Zarry sambil bercanda.

ori