JAKARTA – Mantan Menteri Pertahanan Fiji Ratu Inoke Kubuabola mengunjungi Menko Polhukam Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu Wiranto membincangkan persoalan kedaulatan Papua yang integral dengan Indonesia.

Wiranto mengatakan Ratu Inoke sangat memahami masalah di wilayah pasifik selatan, khususnya mengenai posisi Papua dan Papua Barat terhadap Indonesia. Ratu Inoke, kata Wiranto, meyakini Papua dan Papua Barat adalah bagian integral dengan Indonesia.

“Setelah saya berbincang dengan beliau, beliau punya keyakinan bahwa penyatuan Papua dan Papua Barat ke Indonesia sudah final,” kata Wiranto, Senin (30/9/2019).

Wiranto

Baca Juga: Polri Tetapkan 5 Tersangka Kerusuhan Wamena

Wiranto menegaskan, Papua dan Papua Barat merupakan wilayah integral dengan Indonesia yang sudah dikukuhkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Keputusan itu sudah tidak bisa diganggu gugat lagi oleh pihak manapun.

“Nah sikap beliau ini lah yang beliau sampaikan kepada kami, dan beliau tentu siap untuk menyampaikan tentang sikap Indonesia mengenai penyatuan wilayah Papua dan Papua Barat menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Indonesia,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ratu Inoke mengatakan dirinya tak asing lagi dengan Indonesia. Pasalnya semasa dirinya menjadi menteri telah beberapa kali mengunjungi Tanah Air.

“Beberapa kesempatan saya membicarakan kerja sama politik dengan Indonesia. Kami bisa bekerja bersama, untuk menjaga Indonesia bersama,” pungkas Ratu Inoke.

(edi)

ori