CALIFORNIA – Teknologi digital yang terus berkembang pesat, tak lepas dari peluang bisnis yang dimanfaatkan banyak para penggunannya. Kemudahan transaksi dan efisiensi mencari kebutuhan menjadi salah satu dasar berkembangnya bisnis di dunia online terus berkibar.

Atas dasar itulah Whatsapp akan merilis aplikasi khusus khusus bisnis yang dijalankan pada sistem operasi Android pada 2018 lalu. Kini, Whatsapp bersiap menghadirkannya ke perangkat IOS. Menurut kabar terbaru, aplikasi Whatsapp bisnis saat ini telah meluncur dalam versi beta di IOS.

Berdasarkan keterangan pengguna sebagaimana dikabarkan GSM Arena, Jumat (22/3/2019), Whatsapp bisnis versi beta di IOS meluncur di sejumlah negara, seperti Meksiko, Brasil, Argentina, Amerika Serikat, serta Prancis.

Berbeda dengan Whatsapp Messenger, Whatsapp Business adalah aplikasi khusus yang ditujukan untuk pelaku bisnis. Aplikasi ini diluncurkan untuk memenuhi pengguna, khususnya kalangan pengusaha. Fitur di dalamnya tak berbeda jauh, yakni pesan jauh, pesan suara, dan balasan cepat. Menariknya lagi, Whatsapp Business memungkinkan pengguna menambahkan informasi berupa jam kerja, alamat, dan tautan ke akun media sosial atau situs tertentu ke halaman profil.

Ada pula sejumlah fitur tambahan yang membuat pemilik bisnis membalas pesan konsumen secara cepat. Hal ini bisa dilakukan karena Whatsapp Business punya fitur membalas otomatis tanpa harus membuka aplikasi terlebih dulu.

Tak ketinggalan, ada pula fitur khusus yang membantu pemilik bisnis memperkenalkan usaha mereka, termasuk lokasi. Sebab, aplikasi ini terhubung langsung dengan Google Maps. Pelaku bisnis juga bisa membuat akun Whatsapp Business dengan memasukkan detail informasi terkait usaha mereka.

(muf)

sumber