LIVERPOOL – Pemain belakang Liverpool, Virgil van Dijk, bersyukur bisa satu tim dengan Roberto Firmino. Palang pintu berpaspor Belanda itu menilai, Firmino adalah tipe penyerang yang sangat dihindarinya maupun pemain belakang lain.

Urusan mencetak gol, catatan Firmino tak terlalu bagus untuk ukuran penyerang. Ambil contoh di Liga Inggris 2018-2019, yang mana Firmino hanya mencetak 12 gol. Koleksi gol Firmino jauh di bawah Sadio Mane dan Mohamed Salah yang sama-sama mencetak 22 gol.

Salah dan Mane

(Koleksi gol Salah dan Mane jauh di atas Firmino)

Meski begitu, Firmino dikenal sebagai penyerang pekerja keras. Eks pemain Hoffenheim itu tak segan untuk membantu pertahanan. Satu hal lagi, Firmino dikenal sebagai penyerang tak egois. Ia tak segan menyodorkan umpan kepada sang rekan, sesuatu yang jarang dimiliki penyerang lain.

BACA JUGA: Sempat Berseteru dengan Salah, Mane: Kami Sudah Berdamai

Bahkan akhir pekan lalu, Firmino memberikan assist brilian. Ketika dikurung pemain-pemain Newcastle United, Firmino masih sempat memberikan umpan back heel kepada Salah, sebelum akhirnya winger berpaspor Mesir itu merobak gawang The Magpies –julukan Newcastle– kawalan Martin Dubravka.

Karena itu tak heran, jumlah assist Firmino saat ini lebih banyak ketimbang gol yang dicetak, yakni tiga berbanding dua. Bahkan pelatih kawakan asal Portugal, Jose Mourinho, menyebut Pierre-Emerick Aubameyang bakal mencetak banyak gol jika membela Liverpool, berkat keberadaan Firmino.

Roberto Firmino

“Firmino adalah pemain penting bagi kami. Saya tahu betapa sulitnya bagi para pemain belakang ketika dihadapkan dengan penyerang sepertinya. Ia membuat sulit para pemain belakang di dunia ini. Jadi, saya senang satu tim dengannya,” kata Van Dijk mengutip dari Sportskeeda, Senin (16/9/2019).

ori