NAMA Andriy Shevchenko tak hanya tersohor sebagai pesepakbola. Ia juga pernah mendapat perhatian dari khalayak ramai kala memutuskan untuk menjajal karier di dunia perpolitikan. Dunia ini sebenarnya sudah mulai dicicipi sejak 1990-an.

Pada tahun itu, Shevchenko dan rekan setimnya di Dynamo Kiev melakukan aktivitas secara terbuka di dunia perpolitikan Ukraina. Penyerang yang pernah memperkuat Chelsea itu secara blak-blakan menyatakan dukungan kepada Partai Sosial Demokrat Ukraina.

Andriy Shevchenko

Tak berhenti sampai di situ, Shevchenko juga secara aktif terlihat melakukan aktivitas di dunia perpolitikan pada 2004. Hal itu dilakukan selama pemilihan Presiden Ukraina. Shevchenko secara terbuka mendukung kandidat salah satu kandidat, yakni Viktor Yanukovych.

Aktivitasnya di dunia politik baru benar-benar dilakukan setelah Shevchenko memutuskan pensiun dari dunia sepakbola. Kariernya yang sudah mulai meredup membuatnya akhirnya memilih untuk gantung sepatu tak lama setelah kembali memperkuat klub lamanya di Ukraina, yakni Dynamo Kiev.

Setelah pensiun pada Juni 2012, Shevchenko pun segera bergabung dengan salah satu partai politik (parpol) di Ukraina. Parpol yang menaungi Shevchenko kala itu lebih dikenal dengan nama Partai Sosial Demokrat Ukraina.

Meski masih amatir di bidang politik, Shevchenko langsung mendapat posisi yang terbilang enak kala itu. Ia menempati posisi kedua dalam daftar partai untuk pemilihan parlemen di Ukraina yang digelar pada Oktober 2012.

Infografis Andriy Shevchenko

Sayangnya, dalam pemilihan, hasil yang didapat parpol tak sesuai harapan. Partainya hanya merengkuh 1,58% suara dari jumlah suara nasional. Alhasil, partainya gagal menaruh perwakilan parlemen di pemerintahan Ukraina.

Sebelum terjun ke dunia politik, Shevchenko sejatinya mengutarakan keinginannya untuk melakoni karier sebagai pelatih. Sebulan sebelum mengumumkan keikutsertaannya dalam pemilihan parlemen Ukraina pada 2012, Shevchenko mengatakan bahwa dirinya tak bisa jauh dari dunia sepakbola karena hanya bidang tersebut yang begitu dikenalnya.

ori