Sepatu hak tinggi untuk sebagian wanita sejujurnya jauh dari kata nyaman untuk dipakai. Namun, tampaknya untuk para wanita yang tinggal di Jepang, masalah satu ini sudah ditemukan solusinya.

Pasalnya, disebutkan beberapa perusahaan retail dan manufaktur Jepang tengah giat menghadirkan sepatu hak tinggi tanpa rasa sakit saat dipakai.

Contohnya ada department store Isetan Shinjuku di Shinjuku Ward, Tokyo, yang diketahui baru saja meluncurkan sebuah jasa pelayanan baru menggunakan database untuk memilih sepatu hak tinggi yang pas dan cocok untuk setiap pelanggan. Jasa pelayanan ini sendiri sudah tersedia di bagian sepatu wanita sejak 28 Agustus 2019 lalu.

 Perempuan memakai sepatu

Seperti diwarta Asiaone, Senin (16/9/2019) database yang digunakan ini mencakup berbagai informasi tentang ukuran sekira 1.000 jenis sepatu hak tinggi yang dijual oleh delapan merek di Jepang dan juga luar negeri.

Ukuran kaki pelanggan kemudian dipindai dengan mesin ukur 3D, dan kemudian pencarian basis data dilakukan. Dengan tujuan agar bisa menawarkan rekomendasi tentang sepatu yang mungkin jauh lebih cocok untuk setiap pelanggan.

Ukuran sepatu biasanya ditandai dengan kombinasi angka dan huruf seperti “23.5E.”. Tetapi seorang staf di department store tersebut mengatakan ini hanya dimaksudkan untuk menampilkan ukuran sepatu secara kasar, dan bahwa setiap sepatu memiliki “ukuran nyata” yang secara langsung berkaitan dengan kenyamanan dan desain pemakai dan merupakan rahasia dari masing-masing produsen.

Sepatu dengan ukuran dan merek yang sama dapat memiliki ukuran sebenarnya yang berbeda jika desainnya berbeda. Jadi memang tidak mudah untuk menemukan sepasang sepatu yang pas dan nyaman untuk digunakan.

Untuk database, toko diberi informasi ukuran oleh produsen yang berbeda dengan pihak yang mengurus perjanjian kerahasiaan dengan toko.

Selain itu, Isetan Shinjuku juga menyediakan jasa pelayanan kepada para pelanggan untuk bisa memilih sepatu spesial sendiri. Mereka bisa memilih dari daftar desain dan warna khusus dengan biaya jasa sekira Rp2,5 hingga Rp3,8 juta.

Tidak hanya Isetan Shinjuku, ada juga Asics Trading Co yang menawarkan sepatu hak tinggi khusus yang disebutkan begitu populer di kalangan para kaum wanita muda yang sibuk mencari pekerjaan (job hunter), “Lady worker” sebuah sepatu high heels fungsional yang tersedia dalam warna hitam, bisa dipakai untuk ketika bekerja ataupun aktivitas pribadi lainnya.

Sepatu dengan bukaan khusus, sehingga kaki pemakainya tidak mudah tergelincir. Ditambah dengan fitur insole (hak dalam sepatu) 3D yang terangkat di lengkungan untuk menopang kaki dan bagian kaki yang longgar.

Senada dengan Isetan Shinjuku dan Asics Trading Co, toko sepatu KiBERA juga sedang begitu populer karena menyediakan sepatu hak yang mudah dipakai. Sepatu hak gaya yang dibuat menggunakan mesin pengukur 3D untuk memindai bentuk kaki pelanggan dan menawarkan berbagai warna dan bahan untuk dipilih.

Sepatu KiBERA dibuat dengan metode unik untuk mencetak tumit dan sol bersama. Sekalipun pemakainya memberi beban pada tumit, tumit dan sol tidak akan terpelintir, sehingga pemakaianya bisa berjalan dengan stabil. Sebab, sol sepatu yang hadir dalam bentuk 3D terbuat dari bahan resistansi rendah, yang mengurangi tekanan pada kaki.

Dibanderol seharga ¥9,900, atau sekira Rp1,2 juta yang dinilai terjangkau untuk ukuran sepatu nyaman, trendi, dan canggih. Maka tak heran, sepatu berhak wanita dari toko sepatu ini begitu populer, terutama hak setinggi 7 sentimeter, 5 sentimeter untuk dipakai sebagai sepatu bekerja, dan 9 sentimeter untuk fesyen.

ori