JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 meraih kemenangan besar atas Filipina di laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019) malam WIB. Timnas Indonesia menang telak dengan skor 4-0. Ini merupakan laga sekaligus kemenangan perdana Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada awal pertandingan, Timnas Indonesia U-16 berinisiatif mengambil serangan. Tampil di hadapan publik sendiri, skuad asuhan Bima Sakti tersebut memulai laga dengan sangat baik. Hingga menit ke-15, Indonesia mampu menguasai jalannya pertandingan, tetapi tak ada gol yang terjadi karena kuatnya pertahana Filipina.

Pada pertengahan pertandingan, Filipina harus mengganti kiper utamanya karena mengalami cedera. Adrian de Sola masuk ke lapangan untuk mengganti posisi Emmanuel Martin di bawah mistar gawang.

Sesaat setelah Filipina mengganti kiper, Indonesia mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Salah satunya dari Ahmad Athallah yang melakukan sundulan keras ke gawang Filipina pada menit 21. Sayang tandukannya masih melebar tipis dari gawang Filipina.

Timnas Indonesia U-16 (Foto: PSSI)

Memasuki menit 30, Indonesia sejatinya masih mendominasi serangan. Tetapi, pertahanan Filipina juga masih begitu tangguh dan serangan-serangan Indonesia masih mampu dimentahkan oleh skuad asuhan Roxy Dorlas itu. Ditambah sentuhan akhir para pemain Indonesia masih belum baik.

Baca juga Timnas Indonesia U-16 Unggul 1-0 atas Filipina di Babak Pertama

Pada menit 34, Filipina nyaris membuka keunggulan. Tetapi, menyatakan gol tersebut sebagai offisde. Kedudukan masih imbang 0-0. Namun, pada menit 37, Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan.

Gol pembuka Indonesia tersebut dicetak Athallah yang melakukan tembakan apik dari luar kotak penalti. Tendangan yang ia di lancarkan ke sudut kanan tersebut tak mampu dibendung kiper Filipina. Indonesia unggul 1-0 atas Filipina.

Setelah unggul, Timnas Indonesia tak gencar melakukan serangan. Beberapa peluang pun nyaris didapat untuk memperbesar keunggulan. Namun, hingga 45 menit pertama berakhir, Timnas Indonesia tetap unggul 1-0.

Babak Kedua

Laga babak kedua dimulai, Indonesia langsung tancap gas. Bahkan ketika laga baru saja dimulai, Indonesia mampu menggandakan keunggulan. Pada 46, Marselino Ferdinan berhasil mencetak gol untuk memperjarak keunggulan Indonesia.

Sama seperti gol pertama, gol kedua Indonesia juga dicetak dari luar kotak penalti. Marselino berhasil mencetak gol indah yang membuat kiper Filipina tak bisa berbuat banyak. Indonesia unggul 2-0 atas Filipina.

Tak berselang lama, Indonesia kembali menambah keunggulan pada menit 53. Kali ini gol dipersembahkan Alfin Lestaluhu yang mencetak gol cantik. Alfin mencetak gol dari sudut sempit dan tak mampu di bendung kiper Filipina. Indonesia unggul 3-0.

Timnas Indonesia U-16 (Foto: PSSI)

Setelah unggul 3-0, Indonesia masih tetap mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali mereka mendapat peluang untuk nyaris mencetak gol. Sementara, Filipina begitu kesulitan mendobrak pertahanan Indonesia.

Belum puas, Indonesia masih menambah keunggulan pada menit 78. Kali ini gol datang dari Wahyu Agong yang mencetak gol akibat bola liar di depan gawang Filipina. Ia mampu memanfaatkan sundulan Aditya Daffa yang membentur tiang gawang dan meneruskannya dengan sangat baik hingga bola masuk ke gawang Filipina. Indonesia unggul 4-0.

Keunggulan Indonesia pun tetap bertahan hingga laga usai. Indonesia memastikan diri meraih tiga poin atas Filipina dengan skor akhir 4-0.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Timnas Indonesia U-16 XI (4-3-3): I Made Putra Kaicen; Alfin Lestaluhu, Kadek Arel, Marcell Januar, Alexandro Felix; Resa Aditya, Muhammad Valeron, Marselino Ferdinan; Elvateeh Varesia, Raka Cahyana, Ahmad Athallah.

Pelatih: Bima Sakti

Timnas Filipina U-16 XI (3-5-2): Emmanuel Martin; Zachary Taningco, David Nicolo, Eugene Tillor; Mark Davidas, Sam Rudolfo Taylor, Kamil Jaser Amirul, Arun Jr, Enzo Courbet; Simon Andrei Del Campo, Uriel Dalapo.

Pelatih: Roxy Dorlas

ori