YOGYAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia ikut ambil bagian dalam MNC Futsal Championship 2019 yang berlangsung di GOR UNY pada 6-8 September 2019. Pada pertandingan pertama, Timnas Futsal Indonesia menghadapi Taiwan pada Jumat (6/9/2019).

Timnas Futsal Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah bermain amat apik sejak awal babak pertama. Dukungan dari suporter membuat Timnas Futsal Indonesia mampu mendominasi jalannya pertandingan. Dominasi Tim asuhan Kensuke Takahashi itu berbuah kemenangan telak 7-0 atas Taiwan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Futsal Indonesia langsung menggebrak sejak wasit meniup peluit tanda babak pertama dimulai. Semenit kemudian Andri Kustiawan sudah mencatatkan namanya di papan skor saat tembakannya gagal diamankan penjaga gawang Taiwan.

Tak butuh waktu lama bagi Andrew –sapaan akrab Andri Kustiawan– untuk membawa Timnas Futsal Indonesia menambah keunggulan. Selang dua menit usai gol pertama, Andrew memperdaya kembali penjaga gawang Taiwan dengan sepakan terarahnya.

Setelah gol kedua, terjadi pergantian pemain yang dilakukan Kensuke Takahashi. Meski demikian, pergantian pemain tak membuat Timnas Futsal Indonesia mengendurkan serangan. Pergerakan Firman Ardiansyah benar-benar mengobrak-abrik pertahanan Taiwan.

Timnas Futsal Indonesia vs Taiwan (Foto: Metube)

Firman akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit keempat. Penjaga gawang Taiwan benar-benar bekerja keras pada pertandingan itu karena belum 10 menit babak pertama berjalan ia sudah tiga kali memungut bola.

Keunggulan tiga gol membuat Timnas Futsal Indonesia perlahan-lahan mulai mengendurkan tempo permainan. Kendati demikian, serangan yang dilancarkan Timnas Futsal Indonesia tetap membahayakan gawang Taiwan. Gol keempat pun akhirnya dibuat Timnas Futsal Indonesia melalui kaki Rio Pangestu usai memaksimalkan bola pantul hasil sepakan Syahidansyah Lubis pada menit 14.

Selang semenit kemudian giliran Syauqi Lubis yang mencatatkan namanya di papan skor usai bekerja sama satu dua dengan Rio. Setelah itu, kedua tim mendapatkan beberapa peluang untuk mencetak gol tetapi tak ada perubahan di papan skor sehingga babak pertama ditutup dengan skor 5-0 untuk keunggulan Timnas Futsal Indonesia atas Taiwan.

Babak Kedua

Taiwan memegang bola saat babak kedua baru dimulai. Kesempatan itu membuat Taiwan berinisiatif untuk melancarkan serangan ke pertahanan Timnas Futsal Indonesia. Peluang pun dibuat Taiwan tetapi masih belum mampu membobol gawang Timnas Futsal Indonesia.

Timnas Futsal Indonesia pun mencoba untuk merebut bola dari penguasaan Taiwan. Timnas Futsal Indonesia mulai mengancam pertahanan Taiwan lagi melalui kerja sama Ardiansyah Nur dan Marvin Alexa Wossiry. Ardiansyah Nur kemudian melepaskan sepakan tetapi masih belum tepat sasaran.

Setelah Ardiansyah Nur giliran Andrew yang kembali mengancam gawang Taiwan melalui aksi individunya. Akan tetapi, sepakan Andrew pada menit sembilan masih belum berhasil membawa Timnas Futsal Indonesia menambah pundi-pundi gol pada babak kedua.

Timnas Futsal Indonesia vs Taiwan (Foto: Metube)

Selang dua menit kemudian giliran kerja sama antara Syahidansyah dengan Syauqi Lubis meneror pertahanan Taiwan. Syauqi Lubis yang lolos dari penjagaan pemain Taiwan gagal mencetak gol usai sepakannya melenceng ke sisi kanan gawang.

Pada menit 15, Timnas Futsal Indonesia akhirnya mendapatkan gol keenam setelah pemain Taiwan melakukan blunder dalam melakukan operan ke dalam. Bola mampu direbut Runtuboy sehingga ia mampu mencetak gol pertamanya di pertandingan itu.

Selang tiga menit kemudian akhirnya Andrew mencetak hattrick ke gawang Taiwan. Andrew melakukan aksi individu yang diakhiri dengan sepakan keras ke gawang Taiwan. Gol dari Andrew sekaligus membuat Timnas Futsal Indonesia menang telak 7-0 atas Taiwan.

Berikut susunan pemain Timnas Futsal Indonesia vs Taiwan di MNC Championship 2019:

Timnas Futsal Indonesia: M. Iksan Rahadian, M. Iqbal Rahmattulah, M. Rizky Xavier, Andri Kustiawan, Firman Ardiansyah.

Cadangan: M. Nizar, Iqbal Aliefian, Marvin Alexa Wossiry, Syauqi Lubis, Ardiansyah Nur, M. Subhan Faidasa, Ardiansyah Runtuboy, Rio Pangestu, Syahidansyah Lubis.

Pelatih: Kensuke Takahashi

Taiwan: Chiang Hsin Wei, Chi Seng Fa, Lin Chih Huang, Lai Ming Hui, Chang Chien Ying.

Cadangan: Fu Li Wei, Liu Chi Chao, Huang Po Chun, Tang Wei Tai, Hung Wei Teng, He Chia Chen, Chen Ching Hsua.

Pelatih: Jose Adil Amarante

ori