JAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar rapat koordinasi (Rakornis) ke-106 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2019).

Asisten Teritorial Kasad, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari mengungkapkan TMMD merupakan salah satu program terpadu lintas sektoral yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rokornis ini dengan tema ‘Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat’.

“TMMD menjadi program terpadu lintas sektor yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian dan Lembaga Pemerintah maupun non pemerintah. Melalui TMMD kita berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” kata Bakti di lokasi, Kamis (12/9/2019).

 Baca juga: Masa Tugas Berakhir, Tangis Haru Warga Eban Lepas Kepergian Yonif Mekanis 741

Bakti menjelaskan, bahwa TMMD dilaksanakan tiap tiga kali dalam setahun. Ia mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat terkait program ini sangat tinggi.

“Hal ini dilaksanakan karena memang banyaknya permintaan dadi masyarakat kepada TNI untuk membantu melaksanakan percepatan pembangunan di daerah,” ungkapnya.

 Baca juga: Alat Permainan Baru Satgas Yonif R 408 bagi Anak-Anak di Perbatasan RI-RDTL

TMMD ke-106 ini dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 2-31 Oktober 2019. Program ini melibatkan 7.500 personel TNI, yang tersebar di 50 kabupaten/kota, dan 52 Kodim di Indonesia. Adapun daerah yang diselenggarakannya kegiatan ini merupakan daerah perbatasan, daerah tertinggal, hingga perkotaan.

“Dan tujuan kita kebersamaan dan masyarakat dan masyarakat sangst antusias dengan kegiatan ini. Kita juga berhatap apa yang dilakukan dapat diterima oleh masyarakat,” tandasnya.

Dalam acara Rakornis ini turut hadir Staf Ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Winarni Monarfa, dan sejumlah instansi lain seperti Polri.

(wal)

ori