JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 akan turun di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 yang dilangsungkan di Stadion Madya, Jakarta, pada 14-22 September 2019. Skuad Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– akan menjadi tuan rumah untuk kontestan Grup G yang berisikan China, Kepulauan Mariana Utara, Brunei Darussalam dan Filipina.

Lantas, bagaimana caranya jika Timnas Indonesia U-16 ingin lolos ke putaran final yang digelar di Singapura pada 16 September hingga 3 Oktober 2020 tersebut? Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 sendiri dibagi ke dalam 11 grup (Grup A hingga K).

Timnas Indonesia U-16

Jumlah tim yang berada dalam satu grup beragam, ada yang empat negara, namun juga ada yang lima. Berhubung dicari 16 terbaik untuk tampil di putaran final, seluruh juara grup yang berjumlah 11 negara akan lolos otomatis ke putaran final.

BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-16 vs Filipina di RCTI

Kemudian, lima negara sisa merupakan tim-tim yang merebut status lima runner-up terbaik. Akan tetapi, jumlah runner-up terbaik bisa naik menjadi enam, asalkan Singapura keluar sebagai juara grup atau lima runner-up terbaik.

Sekadar informasi, tuan rumah Singapura juga ambil bagian di babak kualifikasi. Hanya saja, jika pun gagal finis di dua besar, tuan rumah tetap berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Melihat kondisi di atas, penting bagi Indonesia untuk keluar sebagai juara grup.

Timnas Indonesia U-16

Dengan keluar sebagai juara grup, Timnas Indonesia U-16 otomatis lolos ke putaran final. Melihat calon lawan yang dimiliki, bisa dibilang hanya China yang berpotensi memberi kesulitan kepada Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

ori