JAKARTA, Indonesia (AP) Perusahaan teknologi Jepang, Softbank, dan aplikasi taksi online Asia Tenggara, Grab, hari Senin (29/7) mengatakan akan berinvestasi 2 miliar dolar di Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Grab menyampaikan pengumuman itu setelah pertemuan hari Senin (29/7) antara Presiden Joko Widodo dan para eksekutif Grab dan investor utamanya, Softbank.

Grab menggunakan dana yang telah diinvestasikan di perusahaan itu oleh Softbank.

Dalam pernyataan, Grab mengatakan perusahaannya dan Softbank akan “menciptakan jaringan transportasi generasi baru bagi Indonesia berdasarkan ekosistem kendaraan elektrik yang akan menggerakan kota-kota menuju jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan dan lebih bersih.”

Pernyataan itu juga menyinggung soal pembangunan “layanan kesehatan elektronik” dan layanan pemetaan.

“Investasi ini adalah bukti bahwa Indonesia telah masuk dalam radar para investor, terutama dalam sektor teknologi,” kata Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Kemaritiman. Indonesia adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Grab bersaing dengan perusahaan rintisan lokal, Go-Jek, yang menawarkan layanan taksi dan ojek online, pengiriman makanan dan pembayaran digital. [vm/ab]

sumber