Hiruk pikuk smartphone layar lipat sudah muncul sejak pertengahan tahun lalu. Saat itu, tak sedikit pecinta gadget yang membicarakan mengenai perangkat tersebut. Dan di awal tahun, kita pun diberi kejutan oleh Samsung dan Huawei.

Ya! Keduanya dengan dengan percaya diri memperkenalkan masingmasing smartphone layar lipat pertamanya. Samsung memperkenalkan Galaxy Fold bersamaan dengan diperkenalkannya Galaxy S10 Series. Sedangkan Huawei memperkenalkan Mate X di ajang MWC 2019.

Keduanya menawarkan banyak hal yang menarik. Tak hanya dari sisi desain, tetapi juga dukungan software dan hardware. Samsung dan Huawei pun sudah berjanji akan memasarkan smartphone layar lipatnya itu pada pertengahan tahun ini.

Lantas, bagaimana dengan pabrikan smartphone lainnya? Tentu saja kita ingat bahwa Xiaomi pun sudah ikut memperlihatkan smartphone layar lipat buatannya meski masih sedikit malu-malu. Ya! Pada bulan Januari lalu Vice President Wang Zhang merilis video yang mengoperasikan smartphone layar lipat Mi.

Seperti yang kita lihat bersama, smartphone layar lipat yang ada di tangan Zhang memiliki desain lipatan yang berbeda dengan Galaxy Fold dan Mate X. Sayangnya, kita tidak bisa mendapatkan informasi mengenai spesifikasi perangkat tersebut.

Di sisi lain, setelah smartphone tersebut diperlihatkan oleh Zhang pada bulan Januari lalu, hingga saat ini kita tidak lagi mendengar mengenai perangkat tersebut. Sepertinya, Xiaomi memang tidak akan merilis smartphone layar lipatnya itu dalam waktu dekat.

Hingga akhirnya baru-baru ini muncul video teaser pendek berdurasi hampir 10 detik yang kembali memperlihatkan perangkat yang sama seperti yang pernah dioperasikan oleh Zhang. Ya! Video tersebut kembali memperlihatkan perangkat yang dioperasikan dalam kondisi layar flat, kemudian dilipat.

Smartphone layar lipat Mi yang dikembangkan oleh Xiaomi memang menggunakan desain lipatan ganda. Video ini juga memperlihatkan gesture control yang merupakan bagian dari fitur yang ada pada MIUI berbasis Android 9 alias Pie.

Baca juga

Diperkirakan smartphone besutan Xiaomi ini akan mengemas chipset Snapdragon 855. Informasi lainnya menyebutkan bahwa perangkat ini dikembangkan bersama Visionox. Perangkat ini juga diharapkan akan muncul pada kuartal kedua 2019 dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang Galaxy Fold.

sumber

5 KOMENTAR