WASHINGTON – Seorang pria yang menggunakan kursi roda elektrik model skuter berusaha membakar diri dengan menyulut jaketnya dengan api di luar pagar Gedung Putih pada Jumat, 12 April. Pria itu dilarikan ke rumah sakit dan menderita luka-luka yang tidak mengancam nyawanya.

Berdasarkan keterangan badan Dinas Rahasia pengawal presiden, petugasnya merespons insiden yang terjadi di bagian utara mansion eksekutif tersebut. Mereka memadamkan api di tubuh pria itu dan memberikan pertolongan pertama.

Daniel Kingery, seorang aktivis hak pemilih berusia 57 tahun, mengatakan pria itu mengangkat jaketnya yang terbakar dan merekam insiden yang tampaknya merupakan sebuah demonstrasi itu

“Dia tidak mematuhi perintah mereka untuk menurunkannya, jadi itu pasti semacam protes,” kata Kingery sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (13/4/2019).

Dia menambahkan bahwa Dinas Rahasia memadamkan api, menjatuhkannya dari skuter, dan menyeretnya ke sebuah patung di dekat Lapangan Lafayette tempat petugas yang lain sedang menunggu.

Secret Service menutup Pennsylvania Avenue di depan Gedung Putih untuk lalu lintas pejalan kaki, dan blok terdekat dari 17th Street juga ditutup.

Setidaknya sebagian kompleks Gedung Putih ditutup.

Juru bicara Dinas Rahasia mengatakan bahwa tidak ada ancaman terhadap Presiden Donald Trump.

(dka)


ori