JAKARTA – Siapa tak mengenal Pangeran Diponegoro. Terlahir dengan nama Mustahar, putra sulung Sultan Hamengkubuwona III itu merupakan salah satu pahlawan nasional Republik Indonesia yang memimpin perjuangan rakyat melawan pemerintah Hindia Belanda pada 1825 hingga 1830.

Meski jasanya masih dikenang sebagai salah satu pejuang kemerdekaan, tak banyak masyarakat yang tahu silsilah keluarga Pangeran Diponegoro. Termasuk Asri Welas, yang ternyata masih satu garis keturunan dengan pria kelahiran Yogyakarta tersebut.

Baca juga: Asri Welas Syok Anaknya Berusia 10 Tahun Bicara soal Seks

Asri Welas

Diceritakan Asri Welas, mulanya dia juga tidak mengetahui darah Pangeran Diponegoro mengalir di nadinya.

“Aku tahu dari Metro TV saat itu. Katanya, ‘Sri, kamu keturunan Diponegoro yang ketujuh’,” ungkapnya.

Asri Welas sendiri tidak serta merta mempercayai apa yang dia dengar. Asri bahkan sempat mengabaikan informasi tersebut lantaran mengira orang yang menghubunginya salah sambung.

Baca juga: Bukan Ria Ricis, 2 YouTuber Ini Akhiri Hidupnya dengan Bunuh Diri

Asri Welas

Namun tak berapa lama, Asri Welas kembali dihubungi oleh orang yang sama. Berbeda dari sebelumnya, Asri mendapat bukti nyata tentang statusnya sebagai keturunan Pangeran Diponegoro.

“Katanya dia ke Jogja, ketemu nama-nama keluarga besarnya Diponegoro. Katanya, nama lengkap kamu ini bukan? Nama ibu, bude, eyang, semua diurut. Ternyata benar, aku keturunan ketujuhnya,” jelasnya.

ori