JAKARTA – Putra Elvy Sukaesih, Isa Haidar dipastikan mengidap skizofrenia usai kedapatan mengamuk dan merusak salah satu warung milik warga di sekitar tempat tinggalnya. Peristiwa itu juga mengejutkan pihak keluarga, karena sebelumnya Haidar tidak menunjukkan perilaku layaknya orang yang mengidap gangguan jiwa.

“Dia masih ingat semua. Masih bisa bicara, masih salat, masih ngaji, masih segala macam,” beber anak Elvy Sukaesih, Fitria Sukaesih di kawasan Pejaten, Jakarta, Sabtu 14 September 2019.

Baca juga: Selain Warung, Putra Elvy Sukaesih yang Gangguan Jiwa Juga Rusak Pagar Rumah

Elvy Sukaesih

Sebelumnya, adik Isa Haidar ini juga yang memberikan penjelasan bahwa sang kakak mengidap skizofrenia. Dari hasil pemeriksaan terbaru, perilaku Haidar menunjukkan gejala serupa dengan penderita penyakit tersebut.

“Kalau enggak nyambungnya dia khayalan sama kenyataan enggak bisa dibedain. Dia seperti kenyataan, padahal omongan yang dalam khayalan dan mungkin ada paranoid-nya, ada ketersinggungannya,” jelas putri Ellvy Sukaesih itu.

Berbicara lebih lanjut mengenai aksi perusakan warung yang dilakukan Isa Haidar, Fitria mengatakan insiden itu bisa saja tidak terjadi andai sang kakak rajin mengonsumsi obat. Belakangan, Haidar memang berhenti meminum obat yang bisa menekan potensi timbulnya gangguan jiwa yang dideritanya.

“Jika dia minum obat secara teratur, ditangani dengan baik, dia bisa berkehidupan wajar seperti kita semua,” kata Fitria.

Baca juga: Lihat Wajah BJ Habibie Terakhir Kali, Yusuf Mansyur: Wajahnya Bersih Banget

Elvy Sukaesih

Selain berhenti mengonsumsi obat, Isa Haidar juga berulang kali menolak dibawa ke rumah sakit saat keluarga ingin memeriksakan kondisinya. Bahkan menurut cerita Fitria, Haidar tak jarang mengancam anggota keluarga yang ingin mengajaknya berobat.

“Apa aku dicampur-campur. Ane dicampur-campur sama orang gila. Ane masih enggak gila. Masih bisa salat, masih bisa begini begini,” tuturnya, menirukan ucapan Haidar.

Seperti diketahui, Isa Haidar sempat diringkus petugas kepolisian ketika dikabarkan mengamuk dan merusak salah satu warung di lingkungan tempat tinggal Elvy Sukaesih di kawasan Cawang, Jakarta pada 13 September 2019. Menurut keterangan saksi mata, emosi Haidar tersulut saat keinginannya berutang tiga bungkus rokok tidak diindahkan sang pemilik warung.

ori