LOS ANGELES – Philippe Coutinho sedang membuka babak baru dalam karier profesionalnya saat bergabung dengan Bayern Munich sebagai pemain pinjaman dari Barcelona untuk musim 2019-2020. Sebelum menerima pinangan dari Bayern ternyata Coutinho sempat berkonsultasi lebih dulu dengan eks rekan setimnya di Liverpool yang juga berasal dari Brasil, Roberto Firmino.

Firmino memang amat paham dengan budaya dan atmosfer Liga Jerman karena pernah empat musim membela Hoffenheim. Firmino datang ke Hoffeinheim pada musim panas 2011 dari klub Brasil, Tombense. Jadi, Hoffenheim adalah klub pertama pemain berpaspor Brasil itu di Benua Eropa.

Pengalaman bermain selama empat musim di Liga Jerman membuat Firmino jadi sosok yang tepat untuk diajak konsultasi oleh Coutinho. Coutinho yang memang bersahabat dengan Firmino sejak lama pun mendapatkan beragam informasi positif soal Liga Jerman. Saran dari Firmino membuat Coutinho tak ragu untuk bergabung dengan Bayern musim ini.

Philippe Coutinho (Foto: Twitter/@FCBayern)

“Saya berbicara dengan Roberto Firmino tentang intensitas Liga Jerman dan pertandingan ketat di sana. Dia banyak bercerita tentang berbagai tim Liga Jerman,” ujar Coutinho, seperti yang dikutip dari Mirror, Rabu (11/9/2019).

BACA JUGA: Punya Coutinho, Klopp Nilai Bayern Kandidat Terkuat Juara Liga Jerman Musim Ini

Coutinho harus memanfaatkan secara maksimal masa peminjaman di Bayern untuk mengembalikan setuhannya. Pasalnya, pemain berpaspor Brasil itu tak menunjukkan kemampuan sejatinya sejak bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim dingin 2018.

Roberto Firmino vs Burnley (Foto: Premier League)

Coutinho yang dibeli dari Liverpool dengan mahar 145 juta euro atau sekira Rp2,2 trliun adalah pemain termahal Barcelona. Akan tetapi, performa yang tak sesuai harapan membuat Coutinho akhirnya tersingkir ke Bayern pada musim ini.

Pemain berpaspor Brasil itu harus membuktikan kualitasnya di Bayern sehingga membuat Barcelona menyesal. Jika Barcelona tak juga melirik Coutinho ketika performanya sudah kembali maka menetap di Bayern adalah pilihan terbaik. Bayern bisa memiliki Coutinho pada akhir musim ini karena ada opsi pembelian permanen yang disertakan Barcelona dalam kontrak peminjaman.

ori