JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-74.

Hal itu dikatakannya saat memberikan amanat upacara parade dan defile dalam memperingati hari ulang tahun TNI ke-74 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

“Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI. Selamat atas kepercayaan dan kebanggaan rakyat Indonesia untuk saudara-saudara semua, dan selamat berbakti untuk ibu pertiwi,” kata Jokowi.

 Baca juga: Jokowi Akan Pimpinan Parade dan Defile HUT Ke-74 TNI

Dikatakan Jokowi, bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas, demi tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara-saudara semua, kepada TNI, yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI, yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional, serta yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan,” jelas Jokowi.

Tak lupa, Kepala negara turut memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI yang selalu sigap dalam membantu rakyat di wilayah yang terdampak bencana termasuk kebakaran hutan.

 Baca juga: Jokowi dan Sejumlah Menteri Kabinet Kerja Hadiri Parade dan Defile HUT TNI ke-74

“TNI yang selalu aktif menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu serentak tahun 2019. TNI yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru dunia. TNI yang selalu memastikan negara hadir di daerah terpencil, di daerah perbatasan dan di pulau-pulau terdepan Indonesia. TNI yang selalu manunggal dengan rakyat,” paparnya.

Jokowi juga turut menyinggung prestasi yang telah ditorehkan TNI di kancah internasional. Seperti berhasil menjadi juara pada lomba menembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-28 tahun 2018 di Malaysia. Serta kesuksesan pada lomba menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM), yang dengan senjata buatan Pindad telah berhasil menjadi juara 12 kali berturut-turut.

“Oleh karena itu, atas nama bangsa Indonesia, izinkan saya untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada institusi TNI dan seluruh prajurit serta purnawirawan TNI,” tandas Jokowi.

(wal)

ori