JAKARTA – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengharapkan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 yang baru diresmikan mampu mengurai kemacetan lalu lintas yang kerap kali terjadi khususnya di area Lawang dan Singosari, Kabupaten Malang, dan mengganggu kenyamanan masyarakat yang melakukan perjalanan.

Khofifah mengatakan bahwa kemacetan kerap kali terjadi pada saat akhir pekan dan libur panjang. Keberadaan Tol Pandaan-Malang tersebut diyakini mampu mengurangi kepadatan di jalan penghubung antara Malang dan Surabaya mencapai 70 persen.

“Akan memberikan dampak luar biasa, kira-kira 70 persen dari total kendaraan bisa melewati tol ini,” kata Khofifah saat menyampaikan laporan di hadapan Presiden Joko Widodo, pada acara peresmian Tol Pandaan-Malang, di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jatim, seperti dikutip dari Antaranews, Senin (13/5/2019).

Khofifah menjelaskan, dalam kondisi normal, kurang lebih ada sebanyak 65.000 kendaraan yang melakukan perjalanan dari Surabaya ke Malang, maupun sebaliknya. Dengan adanya Tol Pandaan-Malang itu diperkirakan sebanyak 45.000 kendaraan akan menggunakan jalan bebas hambatan itu.

Kemacetan yang ada, lanjut Khofifah, biasanya terjadi di wilayah Pandaan, Purwosari, Lawang, dan Singosari. Diharapkan dengan beroperasinya Tol Pandaan-Malang tersebut bisa mempermudah mobilitas masyarakat, barang, jasa, dan lain-lain.

“Kira-kira 70 persen nanti akan bisa melewati tol ini, jadi kurang lebih 45.000 kendaraan akan mengurangi kepadatan. Tol ini untuk mempermudah mobilitas, barang, jasa, dan lainnya,” ujar Khofifah.

Presiden Jokowi pada Senin (13/5) meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 31 kilometer. Sedangkan untuk seksi 4 dan 5, saat ini masih dalam tahap penyelesaian sepanjang 7,48 kilometer. Secara keseluruhan Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,5 kilometer.

Lebih detail, untuk seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 kilometer, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

Rencananya, pada Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer akan dioperasikan secara fungsional. Pengoperasian secara fungsional Tol Pandaan-Malang Seksi 4 tersebut direncanakan mencakup dua jalur baik dari arah Malang-Pandaan dan sebaliknya.

Pembukaan secara fungsional Seksi 4 Tol Pandaan Malang diperkirakan pada H-7 menjelang Lebaran dan berakhir pada H+7 setelah perayaan Idu Fitri 1440 Hijriah.

(aky)


GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

ori