LIVERPOOL – Pelatih Leicester City, Brendan Rodgers, mengungkap membaiknya prestasi Liverpool dalam dua musim terakhir. Pergerakan transfer tepat yang dibuat Liverpool, dinilai Rodgers menjadi faktor utamanya.

Pada musim panas 2017, manajemen Liverpool mendatangkan Mohamed Salah, Andrew Robertson dan Alex Oxlade-Chamberlain. Kemudian pada musim dingin 2018, manajemen Liverpool berani mengeluarkan 70 juta pounds (Rp1,22 triliun) untuk pemain belakang bernama Virgil van Dijk.

Virgil van Dijk

(Van Dijk dongkrak prestasi Liverpool)

Kehadiran Salah, Robertson, Chamberlain dan Van Dijk (tiga di antaranya menjadi pemain reguler musim ini) mendongkrak prestasi Liverpool pada 2017-2018. Saat itu, The Reds –julukan Liverpool– lolos ke final Liga Champions 2017-2018 sebelum akhirnya kalah 1-3 dari Real Madrid.

Kemudian pada musim panas 2018, belanja besar-besaran dibuat manajemen Liverpool. Mereka mendatangkan Allison Becker, Naby Keita dan Xherdan Shaqiri. Tidak disangka, kehadiran nama-nama anyar terutama Alisson langsung mengubah peruntungan Liverpool.

BACA JUGA: Jelang Liverpool vs Leicester, Rodgers Puji Henderson dan Milner

Liverpool keluar sebagai juara Liga Champions 2018-2019, serta hanya terpaut satu poin dari jawara Liga Inggris 2018-2019, Manchester City. Untuk musim panas 2019, Liverpool tidak mendatangkan satu pun pemain top. Sebab, Klopp sudah puas dengan deretan pemain yang dimiliki saat ini.

Hasilnya luar biasa, yang mana Liverpool memenangi tujuh pertandingan awal Liga Inggris 2019-2020. Saat ini Sadio Mane dan kawan-kawan memuncaki klasemen Liga Inggris dengan raihan 21 poin, unggul lima angka dari Manchester City di posisi dua.

Alisson Becker

(Alisson tampil tangguh di bawah mistar Liverpool)

“Ada sejumlah area yang diperbaiki Liverpool dengan mendaratkan sejumlah pemain top. Sebut saja Virgil van Dijk dan Alisson, dua pemain top yang langsung meningkatkan kualitas skuad. Liverpool berada dalam posisi yang luar biasa saat ini, terlebih mereka dihuni pemain-pemain berpengalaman dan pesepakbola muda bertalenta. Jadi, mereka terlihat sangat kuat,” kata Rodgers mengutip dari laman resmi Liverpool, Jumat (4/10/2019).

ori