AALST – Jorge Lorenzo gagal unjuk gigi dengan Repsol Honda pada MotoGP 2019. Lorenzo yang awalnya diperkirakan tampil menawan dengan motor RC213V justru kesulitan untuk sekedar mencapai kecepatan maksimalnya. Hal itu membuat kampanye Lorenzo musim ini kacau balau.

Lorenzo pun menilai sebagian besar hasil buruk yang diraihnya musim ini karena kesalahan sendiri. Lorenzo mengaku terlalu memaksakan diri saat kondisi fisik tak 100%. Saat memaksakan diri maka kecelakaan yang didapat Lorenzo.

Jorge Lorenzo jatuh di MotoGP Belanda 2019 (Foto: MotoGP)

Kecelakaan itu menimbulkan cedera yang semakin memperparah penampilan dari rekan setim Marc Marquez tersebut. Cedera teranyar Lorenzo diderita pada tulang belakangnya yang diakibatkan jatuh saat sesi latihan bebas MotoGP Belanda 2019.

BACA JUGA: Jadi Rekan Setim Rossi dan Marquez, Lorenzo Tidak Pernah Tertekan

Cedera itu membuat Lorenzo harus absen di empat seri balapan sehingga baru kembali mengaspal di MotoGP Inggris 2019. Kendati demikian, cedera itu tak akan terjadi jika Lorenzo sadar diri dengan kondisi fisiknya. Pasalnya, Lorenzo memulai musim ini dengan beberapa cedera sisa tahun lalu.

Ketika terlalu memaksakan diri maka jatuh adalah risiko yang diambil Lorenzo. Por Fuera –julukan Lorenzo– mengalami skenario terburuk sehingga penampilannya menurun. Andaikan Lorenzo lebih teliti dan tidak memaksakan diri mungkin hasil yang diraihnya musim ini akan berbeda.

Jorge Lorenzo (Foto: MotoGP)

“Kesalahan yang menyebabkan saya cedera tahun ini, telah saya lakukan sebelumnya. Dalam olahraga ini Anda harus berada di batas, Anda harus mendorong dan Anda tidak tahu akan jatuh. Jika tidak, saya akan melambat pada titik tertentu, itu jelas,” ujar Lorenzo, seperti yang dikutip dari Motorsport, Rabu (9/10/2019).

“Saya dapat berpikir bahwa di Assen (MotoGP Belanda 2019) saya merasa tidak enak badan sebagai akibat dari kecelakaan tes Montmelo (Barcelona). Jika tidak 100%, hal terbaik adalah tidak mendorong. Seperti yang saya tahu, saya sudah lebih konservatif. Saya rasa cedera tahun ini tidak begitu penting,” tutupnya.

ori