MANCHESTER – Manchester United ingin menunjuk CEO Ajax Amsterdam, Edwin van der Sar, sebagai direktur sepakbola mereka. Seperti diberitakan The Mirror, Senin (9/9/2019), Man United kepincut dengan kinerja Van der Sar selama tiga musim bekerja sebagai CEO Ajax.

Semenjak Van der Sar menjabat sebagai CEO Ajax pada 2016, prestasi Die Amsterdammers –julukan Belanda– memang melonjak. Prestasi paling memukau tersaji pada musim lalu, yang mana Dusan Tadic dan kawan-kawan mengoleksi dua gelar, yakni Liga Belanda dan Piala Belanda.

Van der Sar

Tidak sampai di situ, Ajax racikan Erik Ten Hag juga melaju ke semifinal Liga Champions 2018-2019, sebelum akhirnya kalah dramatis dari Tottenham Hotspur. Dalam jabatannya tersebut, Van der Sar bertanggung jawab atas semua prestasi yang didapatkan Ajax, baik di atas lapangan maupun di luar.

BACA JUGA: Ingin Pemain Gratis Lagi, Juventus Incar De Gea

Karena itulah, Man United yang mengalami penurunan performa semenjak ditinggal Sir Alex Ferguson pada 2013, tertarik menjadikan pria asal Belanda tersebut sebagai direktur sepakbola mereka. Salah satu tugas Van der Sar nantinya adalah mengurusi masalah transfer.

Di Ajax, urusan transfer memang berada di bawah kendali direktur olahraga Marc Overmars. Namun, Van der Sar juga memberi masukan-masukan kepada Overmars. Alhasil, Ajax kerap mendatangkan pemain dengan harga murah, namun menjualnya dengan harga fantastis.

Van der Sar

Hal itu karena ketika membela panji Ajax, skill si pemain mengalami peningkatan yang cukup drastis. Hal itulah yang diharapkan Man United dapat diemulasi Van der Sar bersama mereka nantinya.

ori