Pixel 3a akan diumumkan oleh Google di sela-sela gelaran Google I/O 2019. Ya! Spesifikasi lengkap perangkat ini pun sudah bocor di internet. Tak main-main, bocoran tersebut juga mencakup semua fitur yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

Disebut-sebut, Pixel 3a akan memiliki layar OLED HD+ berukuran 5,6 inci dan memiliki aspek rasio 18:9. Tak sedikit yang mengatakan, smartphone ini juga akan datang dengan fitur Always-on Display dan Always-listening. Rasio kontras layarnya sendiri adalah 100.000:1.

Di bagian dalam, smartphone ini akan dibekali RAM 4 GB dan internal storage 64 GB yang dipasangkan dengan chipset Snapdragon 670 Octa-core serta GPU Adreno 615. Tidak disebutkan versi 128 GB atau dukungan ekspansi penyimpanannya.

Untuk sektor kamera, Pixel 3a akan dilengkapi kamera Dual Pixel 12,2 MP 1.4um dengan aperture f/1.8 di bagian belakang. Google juga disebut-sebut akan membenamkan fokus otomatis, stabilisasi gambar optik dan elektronik serta bidang pandang 76 derajat.

Kemampuan lainnya, kamera belakang Pixel 3a juga dapat merekam video 1.080p pada 30,60 atau 120 fps, sementara video 720p pada 30, 60 atau 240 fps. Selain itu, juga dapat merekam video 4K pada 30 fps. Kamera depannya adalah 8 MP 1,12um dengan aperture f/2.0 dengan bidang pandang 84 derajat.

Sementara untuk catu dayanya, ada baterai berkapasitas 3.000 mAh di bawah bodi polikarbonat yang mendukung pengisian cepat 18W dan USB-PD 2.0 melalui port USB Type-C 2.0. Pixel 3a juga akan memiliki slot nano-SIM tunggal dan dukungan eSIM di pasar tertentu.

Smartphone ini juga masih dilengkapi dengan jack audio 3.5mm, NFC WiFi Dual Band, GPS, Bluetooth 5.0+ LE, speaker stereo, dan pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat. Ada juga dukungan Active Edge dan smartphone ini sudah berjalan dengan Android 9.0 alias Pie.

Lembar spesifikasi yang juga beredar di internet mengatakan bahwa bodi Pixel 3a akan memiliki kemampuan tahan gores. Akan tetapi, mungkin akan mudah terkelupas jika smartphone ini terjatuh. Selain itu, Pixel 3a juga disebut-sebut akan dilengkapi dengan fitur Night Vision.

Chip keamanan Titan M juga memastikan bahwa data dan OS pengguna akan tersimpan lebih aman. Pengguna juga dapat dengan mudah beralih dari perangkat lama ke Pixel 3a menggunakan Quick Switch Adapter. Pixel 3a sendiri akan menerima pembaruan keamanan dan OS setidaknya selama tiga tahun.

Baca juga

Daya tarik lainnya, smartphone ini juga akan memiliki baterai pintar yang mampu mempelajari penggunaan perangkat dari para pemakainya. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat mengetahui aplikasi mana saja yang sering dipakai oleh pengguna dan mengurangi daya dari aplikasi yang jarang dipakai.

ori