LONDON – Arsenal melakoni laga pekan kedua Liga Inggris 2019-2020 dengan menjamu Burnley di Emirates Stadium, Sabtu (17/8/2019), malam WIB. Arsenal yang mendapat dukungan penuh dari fans langsung melancarkan serangan ke pertahanan Burnley untuk mencetak gol cepat.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Arsenal memulai laga dengan amat baik lewat serangan yang dilancarkannya ke pertahanan Burnley. Namun, Burnley harus gigit jari karena serangan Arsenal akhirnya bisa menembus pertahanan The Clarets –julukan Burnley. Alexandre Lacazette mencatatkan namanya di papan skor pada menit 13 setelah memanfaatkan sepak pojok dari Dani Ceballos.

Keunggulan cepat itu membuat Arsenal semakin bernafsu untuk menekan pertahanan Burnley. Akan tetapi, tim asuhan Unai Emery itu perlahan-lahan justru balik ditekan Burnley. Arsenal mulai merapatkan pertahanan agar keunggulan yang sudah diraih tak hilang begitu saja.

Alexandre Lacazette vs Burnley (Foto: Premier League)

Namun, usaha itu sia-sia karena Burnley mampu menyamakan kedudukan pada menit 43. Ashley Barnes yang mendapatkan bola muntah di depan gawang Bernd Leno secara dingin membuat gol penyeimbang kedudukan. Arsenal hampir membuat gol Barnes sia-sia saat Reiss Nelson membobol gawang Burnley di injury time babak pertama.

Akan tetapi, gol itu harus dianulir wasit Mike Dean karena Ceballos yang mengirimkan umpan kepada Nelson berada dalam posisi offside. Alhasil, skor imbang 1-1 bertahan hingga kedua tim kembali ke ruang ganti pemain.

Babak Kedua

Skor 1-1 yang menutup 45 menit pertama membuat Arsenal langsung menaikkan tempol permainan di awal babak kedua. Tujuan tim asuhan Emery itu jelas untuk unggul cepat pada babak kedua. Arsenal pun melancarkan serangan bertubi-tubi melalui lini depannya yang kini diisi tiga pemain yakni, Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang dan Nicolas Pepe yang baru masuk di babak kedua.

Pergerakan ketiga pemain itu amat merepotkan pertahanan Burnley yang tampak semakin kewalahan. Gol yang diincar Arsenal akhirnya hadir pada 64 akibat kesalahan pemain Burnley yang bolanya direbut Ceballos. Pemain berpaspor Spanyol itu kemudian mengirimkan umpan ke Aubameyang yang langsung melepaskan sepakan keras guna membuat Nick Pope memungut bola dari gawangnya untuk kedua kali.

Pierre-Emerick Aubameyang vs Burnley (Foto: Premier League)

Arsenal kembali unggul pada awal babak kedua semakin bersemangat untuk mencari gol ketiga. Akan tetapi, pertahanan Burnley cukup kukuh untuk menahan setiap gempuran yang dilancarkan Arsenal. Sesekali Burnley mencuri kesempatan untuk membuat gol melalui serangan balik ke pertahanan Arsenal.

Arsenal hampir menambah pundi-pundi golnya andaikan sepakan keras Lucas Torreira pada menit 89 tak ditepis Pope. Skor 2-1 untuk keunggulan Arsenal atas Burnley akhirnya tetap bertahan hingga pertandingan selesai. Alhasil, Arsenal pun meraih tiga poin di partai kandang pertama mereka musim ini.

Berikut susunan pemain Arsenal vs Burnley di Liga Inggris 2019-2020:

ARSENAL XI (4-2-3-1): Bernd Leno; Nacho Monreal, Sokratis, David Luiz, Ainsley Maitland-Niles; Matteo Guendouzi, Dani Ceballos; Pierre-Emerick Aubameyang, Joe Willock, Reiss Nelson; Alexandre Lacazette.

BURNLEY XI (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Johann Gudmundsson, Jack Cork, Ashley Westwood, Dwight McNeil; Chris Wood, Ashley Barnes.

ori