JAKARTA ‐ Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menganggap wajah-wajah baru anggota DPR RI terpilih 2019-2024 tidak membawa dampak yang baru dari anggota dewan periode sebelumnya.

“Saya meyakini wajah baru DPR itu tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya,” ujar Ujang kepada Okezone, Minggu 29 September 2019.

Baca Juga: Airlangga Usulkan Bamsoet Jadi Ketua MPR, PKB Tak Patah Arang

Ujang menduga kalau wajah-wajah baru anggota DPR yang akan dilantik pada 1 Oktober mendatang merupakan seseorang yang berasal dari kelompok atau golongan dengan kepentingan pribadi.

“Jadi, memang bukan orang-orang yang lahir dari pergelokan pemikiran, atau aktivis yang memang berjuang sejak lama menjadi anggota DPR,” lanjutnya.

DPR

Kendati demikian, ia tetap berharap kalau para anggota parlemen senayan tersebut bisa bekerja dengan meningkatkan kualitas dan dapat menciptakan regulasi-regulasi yang mewakili suara rakyat.

Oleh sebab itu, Ujang mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan kesempatan kepada para anggota DPR periode mendatang agar bisa melihat pembuktikan mereka dalam membuat kebijakan.

“Tapi kita memang harus membangun optimisme, artinya kita beri ruang, kesempatan kepada yang baru untuk bekerja semaksimal mungkin membangun bangsa ini dengan kinerja-kinerja yang baik dari mereka,” ujar Ujang.

Baca Juga: Jelang Pelantikan DPR, Sekjen PDIP: Peluang Puan Pimpin Parlemen Cukup Besar

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 575 orang sebagai anggota DPR terpilih periode 2019-2024 yang tersebar dari 80 daerah pemilihan. Mereka akan dilantik pada 1 Oktober 2019.

(Ari)

ori