JAKARTA – Pemeran sinetron Si Yoyo, Rifat Umar ditangkap oleh pihak kepolisian Polda Metro Jaya pada 2 Oktober 2019 lalu, pukul 01.35 WIB di kos-kosannya, kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dari penangkapan tersebut, Rifat Umar diketahui kedapatan memiliki narkoba jenis ganja seberat 89,83 gram.

Baca Juga: Mark Westlife Umumkan Kelahiran Bayi Bersama Kekasih Prianya

Usai ditangkap, Rifat langsung menjalani tes urine dan diketahui positif menggunakan ganja, amfetamin, metamfetamin, dan benzodiazepin. Ia mengaku sudah selama satu tahun belakangan ini rutin mengkonsumsi narkoba.

Rifat Umar

“Jujur saya boleh bilang saya baru setahun memakai narkoba jenis ganja, awalnya coba-coba,” ungkap Rifat Umar dalam konfrensi pers di Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Jumat (4/10/2019).

Sementara itu, alasan Rifat menggunakan ganja lantaran ia bekerja sebagai seorang content creator di salah satu perusahaan game. Lantaran membutuhkan banyak inspirasi, Rifat Umar pun mengaku nekat mengonsumsi ganja.

Barbuk Rifat Umar

“Awalnya karena sekarang kan saya sudah enggak bergerak lagi di bidang entertainment, saya kerja di salah satu perusahaan gaming jadi content creator,” tuturnya.

“Ya mungkin butuh banyak inspirasi lah, makanya saya menggunakan narkotika jenis ganja ini,” sambungnya.

Baca Juga: Rifat Umar Mengaku Menyesal Konsumsi Narkoba

Sebagaimana diketahui, Rifat dikenakan Pasal 111 ayat (2) juncto Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 132 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa hukuman maksimal yang akan diberikan kepada Rifat Umar bisa mencapai 5 tahun penjara.

“Ancaman hukuman ya 5 tahun ke atas,” tegas Argo.

ori