JAKARTA – Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo diketahui merupakan seorang pendiri surat kabar nasional pertama berbahasa Indonesia, yakni Medan Prijaji. Artis senior Dewi Yull bahkan diketahui memiliki hubungan cukup dekat dengan sosok jurnalis kritis tersebut.

Melalui unggahannya di akun Instagram saat merayakan Hari Pahlawan Nasional 2016 lalu, mantan istri Ray Sahetapy ini mengaku bahwa dirinya merupakan cicit dari RM Tirto Adhi Soerjo. Ia pun mengaku bahwa dirinya bangga memiliki buyut seperti RM Tirto, lantaran pria yang wafat di Blora tersebut memiliki jasa cukup besar bagi Indonesia.

Baca Juga: Bangga ! Putra Dewi Yull Diterima di Rochester Institute of Technology

 artis berdarah pahlawan

“R.M Tirto Adhi Soerjo *Pahlawan Nasional,” tulis Dewi Yull pada keterangan foto sang kakek buyut.

“Buyut .. kami bangga padamu, jasamu pada bangsa dan Negara akan selalu kami kenang selamat Hari Pahlawan,” tambahnya.

Tak banyak masyarakat yang mengetahui sosok RM Tirto Adhi Soerjo. Bahkan tak banyak pula yang mengetahui bahwa pria yang merupakan tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia tersebut merupakan kakek buyut dari penyanyi senior Dewi Yull.

“Eyang ya mbak @ddewiyull ?,” tanya akun zoelisj.

Baca Juga: Senyum Bahagia Dewi Yull Sambut Prestasi Putra Tercinta

 artis berdarah pahlawan

“Mas @zoelisjRM Tirto Adhi Soeryo adlh Buyutku..Eyangnya Alm Ayahku,” jawabnya.

Sebagaimana diketahui, Dewi Yull merupakan keturunan ketiga dari dari RM Tirto Adhi Soerjo.

Bapak pers nasional tersebut diketahui menikah dan memiliki seorang anak laki-laki bernama RM Priatman, yang merupakan kakek dari Dewi Yull.

Baca Juga: Anak Galih Ginanjar Dibully, Barbie Kumalasari Salahkan Fairuz

RM Priatman diketahui menikah dan memiliki seorang anak laki-laki bernama HRP Soendaryo, yang diketahui merupakan ayah dari pelantun ‘Kau dan Aku Sama’ tersebut.

 

Ayah Dewi Yull yang merupakan seorang keturunan bangsawan dari Kesultanan Cirebon, menikah dengan wanita keturunan bangsawan Melayu Palembang, bernama Masayu Devi Hetimawati, dan melahirkan 12 anak, salah satunya ialah RA Dewi Pujiati atau Dewi Yull.

ori