JAKARTA – TV menjadi perangkat yang dibutuhkan karena memudahkan seseorang mendapatkan informasi atau hiburan. Semakin besar ukuran layar TV, tentu memberikan kepuasan kepada penggunanya.

Samsung, raksasa produsen elektronik asal Korea Selatan tampak menaruh perhatian yang besar akan kepuasan pengguna untuk menikmati konten TV. Baru-baru ini, pada event Samsung Forum 2019 perusahaan memamerkan kehadiran TV layar besar dengan ukuran 98 inci.

TV QLED 8K tersebut menambah daftar produk di 2019 setelah model 65, 75, 82, dan 85 inci. Keunggulan TV layar besar ini salah satunya didukung dengan prosesor berteknologi AI, yang meningkatkan pengalaman menyaksikan konten TV.

Dengan teknologi machine-learning prosesor Quantum, kemampuan AI bisa mempelajari dan membandingkan jutaan gambar yang membantu untuk kalibrasi sumber resolusi rendah dan mengoptimalkannya ke dalam konten berkualitas 8K.

 

Kecanggihan TV ini antara lain mampu menampilkan video beresolusi 8K, memiliki 8K AI Upscaling, diperkuat Quantum Processor 8K, Direct Full Array 28x, Ultra Viewing Angle, dukungan Bixby hingga Magic Screen.

Dengan fitur 8K AI Upscaling, maka perangkat bisa menampilkan video beresolusi 8K dari sumber video yang belum 8K. “Sebenarnya any source, cuma semakin bagus source-nya, konversinya semakin bagus. Artinya gini, kita punya format yang namanya UHD, Full HD, HD, semakin kontennya semakin bagus, hasilnya semakin bagus, maksudnya yang di-improve enggak terlalu banyak,” jelas Ubay Bayanudin, Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual, Samsung Electronics Indonesia di Samsung Forum 2019.

Ia menjelaskan bahwa satuan terkecil dari gambar adalah piksel. Maka tampilan 8K dengan resolusi 7680 x 4320 piksel memiliki sekira 30 juta piksel. Bila piksel semakin banyak, unit piksel semakin kecil, gambar akan semakin halus.

Ubay mengungkapkan, untuk perangkat TV QLED 8K dengan layar 65 inci, dibanderol sekira Rp80,5 jutaan. Sedangkan untuk layar 98 inci dibanderol sekira Rp1,5 miliar.

Samsung mengungkap pre-order untuk perangkat TV QLED 8K dengan free Galaxy S10+ mulai 25 Maret hingga 4 April 2019.

 

Baca juga: Ini Penyebab Harga TV Layar Besar Semakin Murah

(ahl)

sumber

1 KOMENTAR