JAKARTA – Film Kucumbu Tubuh Indahku resmi terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang Academy Awards 2020 atau lebih dikenal sebagai Oscar. Film karya Garin Nugroho ini berhasil menyisihkan dua kandidat kuat lainnya, yakni Ave Maryam dan 27 Steps of May.

Baca Juga: Garin Nugroho Terkejut Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Oscar 2020

Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi Film Indonesia memberikan penjelasan mengapa Kucumbu Tubuh Indahku akhirnya bisa terpilih mewakili Indonesia di Oscar.

Komite Seleksi Film Indonesia

“Ya itu tadi sudah dijelaskan bahwa tidak ada unsur politik karena misalnya film ini diprotes, tidak ada sama sekali pertimbangan itu, tapi pure Kucumbu Tubuh Indahku ini kita pilih karena secara pertimbangan filmmakingnya sama bagaimana menggambarkan, kaya sekali idiom-idiom yang disampaikan film itu,” kata Christine Hakim saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

Kucumbu Tubuh Indahku

Christine Hakim melanjutkan bahwa Kucumbu Tubuh Indahku bukan sekadar karya yang hanya bahasa gambar dan bahasa oral saja. Selain itu, film ini memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki kandidat lainnya.

“Film itu bukan hanya bahasa gambar dan bahasa oral tapi ada bahasa rasa, bahasa batin. Contohnya adegan love scenenya dia tidak menggambarkan bergumul dalam selimut, tapi ada ekspresi lain,” ucapnya.

Kucumbu Tubuh Indahku

Dalam hal ini Christine Hakim memuji pemilihan Garin Nugroho yang mengekspresikan birahi si tokoh utama dengan bentuk tarian bersama si Carok alih-alih menampilkan adegan ranjang.

Selama proses pemilihan, tidak ada perdebatan panjang saat menentukan Kucumbu Tubuh Indahku sebagai perwakilan Indonesia di Oscar 2020.

Baca Juga: Bisnis Kopi, Lucinta Luna Kebanjiran Tawaran hingga Luar Negeri

“Enggak, kita tadi semua sudah sepakat memilih itu. Enggak ada diskusi panjang. Kalau diskusi panjang kan kalau yang berimbang atau apa, ini kan enggak kan,” tutup Christine.

ori