KUALA LUMPUR – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 berhasil melenggang ke putaran final Piala Asia 2020 usai melewati babak kualifikasi yang berlangsung pada 14-22 September 2019. Skuad Garuda Asia melenggang sebagai runner-up Grup G di belakang China.

Tim asuhan Bima Sakti sesungguhnya punya peluang untuk lolos sebagai juara grup karena berstatus sebagai tuan rumah kualifikasi. Setelah menyapu bersih tiga laga sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 gagal merebut kemenangan melawan China di partai terakhir, Minggu 22 September 2019 malam WIB.

Baca juga: Klasemen Akhir Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2019

Timnas Indonesia U-16 lolos ke Piala Asia 2020 (Foto: PSSI)

Muhammad Valeron dan kawan-kawan masuk dalam pot dua pada undian babak putaran final. Timnas Indonesia ditempatkan satu pot dengan Australia, Korea Utara, dan India. Pembagian pot tersebut didasarkan pada penampilan tim di Piala Asia U-16 2018.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-16 yang saat itu diasuh Fakhri Husaini, tersingkir pada babak perempatfinal dari Australia. Karena itu, generasi Timnas Indonesia U-16 yang dipimpin Marcell Januar Putra, termasuk sebagai unggulan kedua.

Setiap pot terdiri dari empat tim yang nantinya akan dibagi ke dalam empat grup. Pada pot pertama atau unggulan, diisi oleh Bahrain yang menjadi tuan rumah, Jepang sebagai kampiun turnamen lalu, Tajikistan yang menjadi runner-up, dan Korea Selatan.

Baru satu tim yang sudah diketahui akan masuk grup mana, yakni Bahrain. Sebagai tuan rumah, Timnas Bahrain U-16 secara otomatis masuk ke Grup A. Timnas Indonesia sendiri berpotensi untuk berjumpa dengan salah satu dari Tajikistan, Jepang, dan Korea Selatan yang merupakan unggulan.

Timnas Jepang U-16 masuk unggulan pertama (Foto: AFC)

Piala Asia U-16 2020 akan digelar pada September tahun depan di Bahrain. Putaran final itu sekaligus digunakan untuk menentukan empat wakil Benua Asia pada Piala Dunia U-17 2021. Keempat tim tersebut diambil dari empat semifinalis Piala Asia U-16 2020.

Berikut pembagian pot undian Piala Asia U-16 2020

Pot undian Piala Asia U-16 2020

ori