JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Fakhri Husaini, membuka opsi untuk melakukan rotasi pemain saat menghadapi Hong Kong di matchday kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Jumat (6/11/2019) malam WIB. Fakhri mengaku rotasi pemain layak dilakukan karena padatnya jadwal kualifikasi.

Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 memang berjalan padat. Setiap dua hari, setiap tim akan melakoni satu pertandingan. Seteleh mengalahkan Timor Leste pada Rabu 6 November 2019, skuad Garuda Nusantara ditantang Hong Kong dua hari berselang.

Timnas Indonesia U-19

Karena itu, berhubung Fakhri memiliki 23 pemain, ia tak mau memaksakan untuk menurunkan pemain yang itu-itu saja. Meski begitu, pelatih kelahiran Aceh itu menggaransi takkan melakukan rotasi pemain besar-besaran di laga kontra Hong Kong.

BACA JUGA: Ketum PSSI Minta Timnas Indonesia U-19 Tidak Jemawa

“Ini penting untuk mengatasi padatnya jadwal pertandingan di kualifikasi Piala AFC U-19, sebab kami hanya memiliki satu hari untuk istirahat dan berlatih. Satu hal lagi, kemungkinan rotasi pemain diperlukan, tentu dengan melihat kondisi akhir pemain. Tapi tidak banyak mengubah komposisi pemain,” kata Fakhri mengutip dari laman resmi PSSI,” Jumat (8/11/2019).

Kemenangan wajib diraih Timnas Indonesia U-19 jika ingin menjaga asa lolos ke putaran final yang digelar di Uzbekistan. Sebab, hanya juara grup yang diizinkan melaju ke putaran final yang digelar pada 14-31 Oktober 2020.

Korea Utara

(Korea Utara ditahan Hong Kong 1-1)

Terlebih, pesaing terkuat Indonesia yakni Korea Utara sudah terpeleset di laga pertama setelah bermain 1-1 kontra Hong Kong. Praktis, Korea Utara bakal bermain habis-habisan di dua laga tersisa, termasuk menghadapi Indonesia pada Minggu 10 November 2019 malam WIB.

ori