SHREVEPORT – Salah satu legenda MotoGP, Freddie Spencer, memberikan pujiannya kepada sosok Valentino Rossi sebagai pembalap profesional. Spencer menyebut bahwa dengan kemampuan dan mentalitasnya, Rossi memang sangat layak menjadi panutan para pembalap berusia belia.

Sebagaimana diketahui sejak memulai debut sebagai pembalap, Rossi memang langsung menunjukkan kualitasnya. Bahkan hingga usia Rossi telah 40 tahun, ia masih mampu tampil kompetitif di kelas MotoGP.

Valentino Rossi tampil pada sebuah balapan di MotoGP 2019

Ya, Rossi masih mampu bersaing dengan para pembalap yang lebih muda darinya semisal Marc Marquez, Maverick Vinales, hingga Alex Rins. Bahkan di MotoGP 2019, Rossi masih menempati posisi keenam pada klasemen sementara dengan raihan 116 poin.

Baca Juga: Meregalli Ungkap Kekurangan Motor Yamaha Jelang MotoGP San Marino 2019

Dengan fakta tersebut, wajar jika para pembalap muda pun tidak segan menyebut Rossi sebagai panutan mereka. Hal tersebut jugalah yang mendukung Rossi akhirnya mendirikan akademi balap VR46 beberapa tahun silam.

Spencer mengaku terkesan dengan apa yang sejauh ini dilakukan Rossi baik sebagai pembalap profesional dan juga mentor para rider muda. Pria berkebangsaan Amerika Serikat tersebut tak segan menilai Rossi sebagai sosok yang sangat layak dijadikan panutan para pembalap yang baru meniti karier profesionalnya.

Valentino Rossi tampil pada sebuah balapan di MotoGP 2019

“Ia (Rossi) memang sosok yang benar-benar sangat menakjubkan. Saya sangat menghormati Vale dan pada akhirnya ia melakukan segalanya sejauh ini dengan cinta,” puji Spencer, seperti dilaporkan oleh RACER, Sabtu (9/7/2019).

Baca Juga: Masih Kompetitif di Usia 40 Tahun, Rossi Buat Robert Heran

“Contoh paling mencolok adalah saat ia berlatih dirt track bersama para rider muda di Ranch, hingga ia bisa tetap aktif. Ia adalah panutan fantastis dalam mempertahankan mentalitas yang tepat, fisik yang bugar dan tanpa cedera. Dalam hal ini, Vale sangat beruntung,” tutupnya.

ori