HO CHI MINH CITY – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-18, Fakhri Husaini, mengaku akan mengintip calon lawan timnya di semifinal Piala AFF U-18 2019. Hal itu dilakukan pelatih 54 tahun itu agar dirinya semakin paham akan kelebihan dan kekurangan sang calon lawan.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-18 sudah dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019 setelah menang 2-1 atas Laos pada matchday keempat. Selanjutnya, Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan hanya butuh hasil imbang atas Myanmar saat bertemu di matchday terakhir pada Rabu 14 Agustus 2019 sore WIB untuk keluar sebagai juara Grup A.

Timnas Indonesia U-18

Jika keluar sebagai juara Grup A, Indonesia akan bertemu runner-up Grup B yang kini diisi Malaysia dengan raihan enam angka. Saat ini, ada tiga tim yang memiliki peluang paling besar untuk menjadi wakil Grup B di semifinal. Mereka ialah Australia yang mengemas sembilan poin, disusul Malaysia dan tuan rumah Vietnam yang sama-sama mendulang enam angka.

BACA JUGA: Tangguhnya Timnas Australia U-18 di Piala AFF 2019, Indonesia Sanggup Menahan?

Sore ini mulai pukul 15.30 WIB, Australia akan bertemu Malaysia. Kemudian pada pukul 19.30 WIB, giliran Vietnam yang berjumpa Thailand. Jika melihat daftar lawan di dua laga terakhir, Australia dan Vietnam memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mewakili Grup B di semifinal.

Australia yang di tiga laga awal menghajar Kamboja 5-1, Vietnam (4-1) dan Thailand (3-1), diprediksi dapat mengatasi Malaysia dan Singapura pada dua laga pamungkas. Sementara Vietnam, dipercaya dapat membungkam Thailand yang tampil minor di edisi kali ini plus Kamboja di laga terakhir. Jika kondisi di atas terjadi, Indonesia berpotensi menghadapi Vietnam di semifinal.

Australia menang 3-1 atas Indonesia

(Australia menggila di Piala AFF U-18 2019)

“Kami akan lihat (calon lawan dari Grup B). Tapi, kami tak bisa pilih lawan. Yang pasti kami lihat adalah tiga tim yang punya peluang untuk lolos ke babak selanjutnya,” kata Fakhri mengutip dari laman resmi PSSI, Selasa (13/8/2019).

ori