Sejumlah dokter di India berhasil mengangkat tumor dengan jumlah rekor 526 gigi di dalam mulut seorang anak laki-laki berusia 7 tahun, Reuters melaporkan mengutip keterangan tim medis di Kota Chennai, India, Jumat (2/8/2019).

Tumor seberat 200 gram tersebut bersarang di rahang kanan bawah sang bocah menurut Senthilnathan P., seorang dokter dari Saveetha Dental College and Hospital, tempat operasi tersebut dilaksanakan.

Seorang dokter memeriksa gigi geligi anak laki-laki berusia 7 tahun di sebuah rumah sakit di Chennai, India, 2 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Seorang dokter memeriksa gigi geligi anak laki-laki berusia 7 tahun di sebuah rumah sakit di Chennai, India, 2 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

“Dia datang menemui kami dengan keluhan pembengkakan pada rahangnya,” kata Senthilnathan kepada Reuters. Kata Senthilanathan, anak laki-laki itu sudah mengalami pembengkakan pada rahangnya sejak usia tiga tahun.

“Yang kami angkat itu adalah tumor jinak dan kami menemukan dalam tumor itu tertanam dengan ratusan gigi yang belum tumbuh,” katanya, sambil menambahkan bahwa operasi dilakukan pada bulan lalu, Juli. Dokter-dokter tersebut percaya jumlah gigi tersebut menjadi rekor medis baru di dunia.

Sang dokter mengungkapkan bahwa sebuah tumor dengan gigi yang belum tumbuh biasanya merupakan kondisi genetis yang bisa juga disebabkan faktor eksternal, seperti trauma pada gigi. “Anak tersebut pulih dengan sangat baik dan diperbolehkan pulang tiga hari kemudian,” tuturnya. [ga/ft]

ori