MANCHESTER – Arsenal gagal mencuri tiga poin saat bertandang ke markas Manchester United di laga pekan ketujuh Liga Inggris 2019-2020 pada Selasa (1/10/2019) dini hari WIB. Tim asuhan Unai Emery tersebut hanya mampu membawa pulang satu poin lantaran mengakhiri pertandingan dengan skor 1-1.

Hasil tersebut cukup mengecewakan untuk para fans Arsenal. Pasalnya mereka jelas ingin melihat tim kesayangannya menang atas klub yang paling mereka tidak sukai, terlebih laga tersebut berlangsung di markas Man United, yakni di Stadion Old Trafford. Namun, apa daya hasil imbang 1-1 menjadi hasil terbaik yang bisa dicapai oleh skuad Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan tersebut.

Baca Juga: David Luiz Senang dengan Penampilan Arsenal saat Imbangi Man United

Suasana laga Man United vs Arsenal

Karena kurang puas dengan hasil imbang 1-1 itu, fans Arsenal pun melihat ada yang salah dari formasi yang diterapkan Emery pada laga kontra Man United tersebut. Sebab lagi-lagi pelatih asal Spanyol itu menggunakan formasi dengan tiga pemain gelandang. Padahal sebelumnya Emery sudah mengatakan bermain dengan tiga gelandang tak berjalan efektif, terlebih ketika imbang 2-2 saat melawan Tottenham Hotspur.

Kendati begitu, meski sudah pernah mengatakan formasi 4-3-3 tak berjalan efektif, namun nyatanya Emery justru menggunakannya di sebuah laga yang penting saat bertamu ke Stadion Old Trafford. Tak ayal para fans Arsenal pun langsung menjadikan kebijakan Emery yang menggunakan tiga pemain gelandang, yakni Matteo Guendouzi, Granit Xhaka, dan Lucas Torreira, sebagai kesalahan yang cukup fatal di pertandingan itu.

Akan tetapi, Emery menegaskan penggunaan formasi 4-3-3 memang harus ia terapkan ke Arsenal pada laga melawan Man United tersebut. Sebab menurutnya untuk melawan tim seperti Man United, maka Arsenal harus bermain seimbang, baik untuk menyerang dan bertahan.

Untuk mewujudkan keseimbangan itu, Emery menilai penggunaan tiga gelandang dari formasi 4-3-3 adalah yang terbaik yang bisa ia pikirkan. Alasan itulah yang membuat pada akhirnya ia memilih menggunakan tiga gelandang di pertandingan kontra The Red Devils –julukan Man United– itu.

Suasana laga Man United vs Arsenal

“Kami dapat menggunakan pemain dan taktik permainan yang berbeda. Lawan kami menuntut agar kami harus bermain berbeda. Man United memaksa kami harus melakukan berbagai hal. Dengan menggunakan tiga gelandang, maka kami bisa bermain lebih baik untuk menjaga keseimbangan antara bertahan dan menyerang,” ujar Emery, mengutip dari Football London, Selasa (1/10/2019).

“Mungkin kami ingin terhubung lebih baik dengan penyerang kami dan pemain sayap kami untuk mencapai pilihan yang lebih baik. Cara kami berkembang, mendapatkan informasi untuk bisa terus berkembang, dan bagaimana kami menyeimbangkan dengan para pemain tengah yang berbeda,” tutupnya.

ori