JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia terlihat terlalu mengandalkan Beto Goncalves saat menghadapi Malaysia pada Kamis 5 September 2019. Karena itu, lawan Indonesia nanti malam yakni Thailand, tinggal mencari cara untuk meredam Beto demi meraih hasil maksimal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kondisinya akan berbeda jika di skuad Timnas Indonesia saat ini terdapat nama Greg Nwokolo. Winger naturalisasi dari Nigeria itu dapat memberi warna berebda di lini serang Timnas Indonesia racikan Simon McMenemy.

Greg Nwokolo

Terlebih Greg memiliki catatan apik saat membela Timnas Indonesia kontra wakil Asia Tenggara. Dari tujuh caps bersama Indonesia, dua di antaranya dijalani Greg kontra Filipina dan Myanmar. Hebatnya di kedua laga tersebut, Greg selalu mencetak satu gol, sekaligus membawa Indonesia menang 2-0 atas Filipina dan Myanmar.

Ditambah lagi Greg memiliki pengalaman bermain di Thailand, sehingga paham betul dengan model pertahanan skuad Elephant War. Ketika kompetisi di Tanah Air berhenti pada 2015 hingga 2016, Greg berkarier di Thailand dengan membela BEC Tero Sasana.

BACA JUGA: Jelang Hadapi Thailand, McMenemy Imbau Pemain Timnas Indonesia Jauhi Medsos

Hanya saja, nama Greg tidak ada dalam 23 yang nama didaftarkan McMenemy untuk menghadapi laga kontra Thailand. Sebab, pesepakbola 33 tahun itu belum fit 100 persen saat menjalani pemusatan latihan, sehingga dicoret beberapa hari jelang menghadapi Malaysia pada Kamis 5 September.

Pada Minggu 1 September 2019, Greg turun saat Madura United menghadapi Kalteng Putra. Hal itu sempat menimbulkan polemik yang mengatakan Greg pura-pura cedera agar dapat kembali membela Madura United.

Hanya saja, Greg saat itu membuat pembelaan. Ia menegaskan dalam kondisi 50 persen saat menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia, sementara McMenemy meminta seluruh pemainnya dalam kondisi terbaik (100 persen).

Greg Nwokolo

Karena itulah, tim dokter Indonesia memutuskan memulangkan Greg. Di laga kontra Kalteng Putra pun, Greg baru turun di babak kedua. Greg mengatakan jika dia dalam kondisi bugar, ia bakal turun sejak awal laga.

Terlepas dari itu, harapannya eks pemain Persija Jakarta tersebut dapat bergabung bersama Timnas Indonesia di laga-laga selanjutnya. Pada Kamis 10 Oktober 2019, Indonesia akan bertandang ke markas Uni Emirat Arab di matchday ketiga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

ori