MUNICH – CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge, senang bukan main setelah Philippe Coutinho resmi bergabung bersama timnya. Kalle –sapaan akrab Rumenigge– bahkan mengucapkan terima kasih kepada Barcelona yang telah bersedia melepas gelandang asal Brasil itu ke Stadion Allianz Arena.

Sebenarnya Coutinho masih terikat kontrak bersama Barcelona hingga 30 Juni 2023. Hanya saja, karena tenaga gelandang 27 tahun itu tak lagi dibutuhkan, manajemen Blaugrana –julukan Barcelona– memutuskan meminjam Coutinho.

Philippe Coutinho selebrasi

Sempat ada wacana, Coutinho akan dipinjamkan ke Arsenal atau Tottenham Hotspur. Namun, kabarnya Coutinho menolak opsi tersebut. Sebab, gelandang andalan Tim Nasional (Timnas) Brasil itu disebut-sebut hanya ingin membela Liverpool jika harus hengkang ke Liga Inggris.

BACA JUGA: Philippe Coutinho Resmi Gabung Bayern Munich

Karena itulah, manajemen Barcelona memutuskan untuk meminjamkan Coutinho ke Bayern selama semusim, atau hingga 30 Juni 2020. Dalam kontrak peminjaman itu, juga terdapat klausul yang mengatakan Bayern bisa menebus Coutinho secara permanen seharga 120 juta euro (Rp1,89 triliun) pada musim panas 2020.

“Kami telah berupaya mendatangkan Coutinho dalam beberapa waktu terakhir dan kami bahagia bisa menyelesaikan transfer ini. Terima kasih Barcelona yang telah menyetujui transfer Coutinho. Lewat kreativitas dan skill luar biasa, Philippe adalah pemain yang dapat memperkuat serangan kami,” kata Kalle mengutip dari laman resmi Bayern, Senin (19/8/2019).

Philippe Coutinho selebrasi

Nantinya dalam pola 4-3-3 racikan Niko Kovac, Coutinho bakal diperankan sebagai winger kiri, sekaligus menggeser Kingsley Coman ke bangku cadangan. Namun, Coutinho bisa dioperasikan sebagai gelandang serang jika Kovac mengubah formasinya dari 4-3-3 menjadi 4-2-3-1.

ori