HO CHI MINH CITY – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-18 sudah dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2019 usai menang 2-1 atas Laos di matchday keempat Grup A, Senin 12 Agustus 2019 sore WIB. Kemudian pada Rabu 14 Agustus 2019 sore WIB, skuad Garuda Nusantara akan menghadapi Myanmar di Thong Nhat Stadium.

Laga melawan Myanmar menjadi krusial bagi skuad asuhan Fakhri Husaini. Jika ingin finis sebagai juara grup, Indonesia wajib menghindari kekalahan. Sebab, hasil imbang saja sudah cukup bagi Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan untuk keluar sebagai juara grup.

Timnas Indonesia U-18

Saat ini setelah melewati empat pertandingan, Indonesia duduk di puncak klasemen dengan koleksi 12 angka, sama persis dengan Myanmar di tangga kedua. Indonesia berhak berada di puncak karena unggul selisih gol atas Myanmar. Jika nantinya keluar sebagai juara grup, siapa lawan Indonesia di semifinal?

BACA JUGA: Jadwal Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar di Piala AFF 2019

Timnas Indonesia U-18 berpotensi menghadapi tuan rumah Vietnam di semifinal. Vo Nguyen Hoang dan kawan-kawan saat ini memang masih berada di posisi tiga Grup B dengan koleksi enam angka. Hanya saja, Vietnam diyakini bakal menyapu bersih dua pertandingan sisa untuk setidaknya finis di posisi dua.

Sebab, pada dua laga terakhir, Vietnam hanya dipertemukan dengan Thailand dan Kamboja. Thailand di edisi kali ini tidaklah istimewa, yang mana hanya mendapatkan satu poin dari tiga pertandingan awal. Bahkan, Thailand dikalahkan Kamboja dengan skor 3-4!

Timnas Thailand

(Thailand saat kalah 3-4 dari Kamboja)

Sementara itu, Malaysia yang merupakan pesaing langsung Vietnam dalam memperebutkan posisi dua juga telah mengoleksi enam angka dari tiga pertandingan. Hanya saja di dua laga sisa, Malaysia salah satunya masih dihadapkan dengan Australia.

Australia sendiri tampil trengginas di Piala AFF U-18 2019 dan diprediksi keluar sebagai juara grup. Marco Tilio dan kawan-kawan menyapu bersih tiga pertandingan awal dengan kemenangan. Sebut saja dengan menaklukkan Kamboja 5-1, Vietnam (4-1) dan Thailand (3-1).

ori