HO CHI MINH CITY – Timnas Indonesia U-18 memetik kemenangan telak dengan skor 5-0 kala menghadapi Myanmar dalam pertandingan perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019. Dalam laga ini, Mocahmmad Supriadi tampil sebagai bintang dengan sumbangan tiga golnya.

Jalannya Pertandingan:

Laga dimulai dengan serangan yang lebih dulu dibangun para pemain Indonesia. Mochamad Supriadi diplot sebagai pembangun serangan bagi Garuda Nusantara. Akan tetapi, rapatnya lini pertahanan Myanmar membuat pemain Indonesia mencetak gol.

Indonesia mendapatkan peluang emas di menit kedelapan kala Supriadi dan Sutan Zico merangsek ke lini pertahanan Myanmar. Begitu memasuki area kotak penalti Myanmar, Sutan Zico lekas melepaskan tembakan kaki kiri. Sayangnya, laju bola masih terlalu lemah sehingga bisa dengan mudah diamankan kiper Myanmar.

Berkali-kali skuad asuhan Fakhri Husaini menggerayangi lini pertahanan Myanmar. Hingga akhirnya peluang emas kembali mereka dapatkan di menit ke-23. Supriadi melancarkan tembakan keras dari dalam kotak penalti usai menerima umpan silang. Meski begitu, kiper Myanmar masih bisa membaca arah bola dan menepisnya.

Myanmar sendiri bukannya tanpa perlawanan. Mereka juga berusaha mencecar gawang Indonesia. Seperti yang terjadi di menit ke-34 kala Yan Kyaw Soe melepaskan umpan silang ke jantung pertahanan Indonesia. Akan tetapi, umpan matang tersebut gagal diselesaikan oleh pemain Myanmar lainnya lantaran baris pertahanan Indonesia sigap menyapu bola.

Gol baru tercipta di menit ke-37 yang dicetak oleh pemain Indonesia, Beckham Putra. Menerima umpan pendek dari Fajar, Beckham yang berada di dalam kotak penalti berhasil mengecoh satu bek Myanmar sebelum melepaskan tembakan kaki kiri. Bola meluncur deras ke dalam gawang Myanmar tanpa bisa dibendung dan membuat Indonesia memimpin 1-0.

Tak berhenti sampai di situ, satu menit berselang Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini giliran Supriadi yang mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan lurus yang tak bisa dihentikan kiper Myanmar. Indonesia menjauh 2-0.

Memasuki menit ke-41, Indonesia kian menjauh menjadi 3-0. Supriadi berhasil memanfaatkan kesalahan bek Myanmar dalam menghalau bola dan ia menuntaskannya dengan tendangan cungkil. Unggul tiga gol membuat Garuda Nusantara berada di atas angin.

Tak lama berselang, Indonesia berhasil menambah dua gol lagi. Masing-masing dari Beckham dan Supriadi. Beckham mencetak gol melalui tembakan dari luar kotak penalti usai menerima umpan Sutan Zico. Sementara itu, Supriadi melepaskan tendangan yang gagal diantisipasi pemain Myanmar. Pada akhirnya, Garuda Nusantara mengungguli Myanmar dengan skor 5-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih terus menampilkan permainan menyerang meski sudah unggul lima gol. Di menit ke-50 kemelut terjadi di muka gawang Myanmar. Sayangnya, tendangan Beckham dari dalam kotak penalti masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-60 Indonesia kembali mengancam gawang Myanmar. Kali ini David Maulana mencoba peruntungannya dengan melesatkan tembakan jarak jauh lantaran berdiri tanpa pengawalan. Akan tetapi, bola masih melenceng di sisi kiri gawang.

Dalam 30 menit terakhir, Indonesia masih terus mencoba melancarkan serangan. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang kurang klinis membuat skor 5-0 tetap tidak berubah hingga akhir pertandingan. Indonesia berhasil menang atas Myanmar dan menempati posisi ketiga dalam gelaran Piala AFF U-18 2019.

Susunan Pemain:

Indonesia U-18: Muhammad Adisatryo, Amiruddin Bagas Kaffa, Mochamad Yudha Febrian, Theo Da Costa Numberi, David Maulana, Beckham Putra Nugraha, Sutan Diego Zico, Mochammad Supriadi, Muhammad Fajar Fathur, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramdhani

Myanmar U-18: Nay Lin Htet, Si Thu, Moe, Thet Hein Soe, Nyan Lin Htet, Yan Kyaw Soe, La Min Htwe, Saw Kyaw Ae, Khun Kyaw Zin, Kaung Khant Kyaw, Hein Htet Aung

ori