BEKASI –  Bunga Bangkai atau bahasa latinnya raflesia ammorphopallus paeonifolius, mekar di halaman SDN Kayuringin Jaya 2, Kota Bekasi, Jawa Barat, sejak dua hari lalu.

“Sekarang mekarnya udah gede,”ujar Nana, penjaga sekolah di sana, sambil mengatakan dia terpaksa menjaga supaya tidak dirusak anak-anak.

Sejumlah warga dan para wali murid serta siswa di lingkungan sekolah, kagum menyaksikan tumbuhan yang nyaris punah itu.

Bunga Bangkai itu pertama kali ditemukan oleh penjaga sekolah SDN Kayuringin Jaya 2 Kota Bekasi, Nana. Menurutnya, tidak ada keanehan sejak awal terlihat tumbuhnya bunga tersebut hingga menjadi sorotan.

“Sudah mulai terlihat sejak dua hari yang lalu, awalnya kecil, sekarang sebesar ini,” ujar Nana, Jumat (4/10/2019) kepada

Nana sendiri terkejut jika itu adalah Bunga Bangkai. Mulanya ia tidak tahu menahu soal tumbuhan itu, sebab Bunga Bangkai biasa tumbuh di hutan dengan suhu dingin.

“Biasanya kan kalau tumbuh saya tahu kalau di daerah pegunungan atau hutan. Nah bingung saja kalau lagi di musim kemarau apalagi di kota ini,” ujar dia.

Bunga yang berdiameter sekitar 30 cm tersebut nampak belum sepenuhnya mekar. Tumbuhan yang langka dan terancam punah tersebut kini menjadi tontonan warga dan wali murid di sekolah tersebut. (saban/tri)

ori