SALAH satu cara mencegah kulit mengalami penuaan dini adalah memakai pelembap. Produk tersebut membantu menjaga kulit tetap sehat dan tidak kering.

Memang, kulit kering dapat mempercepat proses penuaan. Sayangnya, banyak orang yang malas menggunakan pelembap. Ada banyak alasan seseorang tidak mau menggunakan pelembap, terutama di tubuh.

Mulai dari malas, tidak sempat, menyebabkan lengket, hingga membuat kulit menjadi tambah berbulu. Untuk alasan kulit berbulu, ada beberapa orang yang mungkin mengalaminya.

Okezone mencoba mencari jawabannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Susie Rendra, Sp. KK.

Tapi, apakah benar penggunaan pelembap dapat membuat bulu di kulit bertambah. Okezone mencoba mencari jawabannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Susie Rendra, Sp. KK. Menurutnya, pelembap tidak akan menambah jumlah bulu.

“Jumlah folikel rambut di kulit itu sudah diatur sejak masih dalam kandungan. Jadi enggak bakal bertambah atau berkurang. Anggapan kulit menjadi buluan karena pakai losion itu salah,” ujar dr Susie saat ditemui dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ada efek tertentu yang ditimbulkan oleh pelembap sehingga membuat kulit menjadi terlihat lebih berbulu. Pertama, pelembap membuat kulit menjadi lebih cerah sehingga rambut halus yang tadinya tidak terlihat menjadi semakin jelas.

pelembap membuat kulit menjadi lebih cerah sehingga rambut halus yang tadinya tidak terlihat menjadi semakin jelas.

Kedua, pelembap merangsang pertumbuhan rambut di kulit. Kondisi itu membuat rambut kulit menjadi lebih panjang. “Rambut yang lebih panjang otomatis terlihat lebat. Itulah yang membuat kulit menjadi seperti ‘buluan’. Tapi yang pasti jumlah folikel tidak bertambah,” tandas dr Susie.

Dia pun kembali menekankan pentingnya penggunaan pelembap secara rutin. Pelembap adalah produk perawatan paling sederhana untuk mencegah penuaan dini.

Bagi yang ingin menghindari lengket, cobalah untuk langsung memakai pelembap sehabis mandi. Selain itu, jangan lupa untuk memakai tabir surya.

ori