MADRID – Legenda balap motor grand prix, Mick Doohan, menilai bahwa saat ini belum ada pembalap lain yang layak menggantikan posisi Marc Marquez sebagai rider utama Repsol Honda. Pasalnya, saat ini Honda dan Marquez merupakan kombinasi terbaik dalam pentas MotoGP.

Selama enam musim membela Tim Repsol Honda, Marquez sejatinya telah lima kali mencatatkan diri sebagai juara dunia. Bahkan kini di tahun ketujuhnya, laju Marquez dalam gelaran MotoGP 2019 sangat sulit dibendung oleh para pembalap lain.

Baca juga: Marquez: Saya Takkan Pernah Mengalah kepada Siapapun, apalagi Adik Saya!

Marc Marquez saat melaju di lintasan balap

Dari 12 seri balapan yang telah dilangsungkan dalam gelaran MotoGP 2019, pembalap berjuluk The Baby Alien itu tercatat sebanyak 11 kali naik podium. Luar biasanya, dari total 11 balapan yang membuat Marquez naik podium tersebut, ia berhasil memenangkan enam seri di antaranya.

Kendati demikian, kondisi bukan berarti akan membuat Honda sudah merasa puas. Menurut Doohan, Honda masih akan mencari bibit-bibit lain untuk menjadi penerus Marquez. Akan tetapi, untuk saat ini, tak salah bila mengatakan Honda masih sangat bergantung terhadap Marquez.

“Honda mungkin tidak memiliki satu pun (pembalap) di saat ini yang akan dapat menggantikan Marc. Tetapi, Honda adalah perusahaan yang bersemangat, mereka hanya ingin menang dan mereka selalu menginginkan pembalap terbaik,” jelas Doohan, menukil dari Speedweek, Sabtu (7/9/2019).

Marc Marquez

“Suatu hari seseorang akan datang. Akan tetapi, untuk saat ini Marc bersama Honda di dunianya sendiri – dan sangat menyenangkan untuk dilihat,” lanjut juara dunia lima kali di kelas premier tersebut.

ori