JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada jajaran pimpinan agar menguasi bahasa internasional, terutama bahasa Inggris jikalau ingin melalukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Melalui bahasa Inggris yang dikuasai, mantan Menteri Pendidikan dan Budaya itu menjelaskan kalau pimpinan tidak hanya sekadar menonton, melainkan bisa mempromosikan Indonesia.

“Kalau tidak bisa bahasa internasional, ya di sana cuman lihat-lihat, makanya penting bagi pemimpin untuk bisa menggunakan bahasa internasional,” ujar Anies Baswedan di Gedung DPRD, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Anies Baswedan Ngaku Tak Pernah Studi Banding ke Luar Negeri

Anies

Jika tidak menguasai bahasa Inggris, maka Anies menyebutkan pimpinan yang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri akan tidak percaya diri, dan kegiatan di sana dihabisi hanya untuk berjalan-jalan.

“Dan kemudian melihat internasional dijauhi, jangan dong, Indonesia hadir untuk internasional, itu perintah pembukaan undang-undang dasar, terlibat didalam membangun keterlibatan dunia,” terangnya.

Lebih lanjut, Anies menilai kalau setiap pemimpin yang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri dengan bekal bahasa yang mumpuni akan akan mendatangkan kemajuan bagi Indonesia.

“Tapi kalau jalan kesana untuk jalan-jalan, nah itu salah, tapi jalan berpidato menyampaikan pandangan menceritakan kemajuan Indonesia mengajak orang untuk datang kesini itu penting,” tutup Anies.

(edi)


ori